Pilgub Jakarta Munculkan Anies hingga Kaesang-Babah Alun, PAN Masih Bertahan Usung Zita Anjani

Ketua DPP Partai Amanat Nasional, Zita Anjani bersama Kader PAN
Sumber :
  • Dokumentasi PAN

Jakarta - Ketua Umum Partai Amanat Nasional, Zulkifli Hasan mengatakan, sampai saat ini partai yang dipimpinnya tersebut masih menyiapkan nama Zita Anjani untuk masuk ke dalam bursa calon gubernur di Pilkada Jakarta.

Muncul Gerakan Coblos 3 Paslon di Pilgub Jakarta, Pramono Bilang Begini

Namun, politisi yang akrab disapa Zulhas itu mengaku, bahwa PAN masih ingin melihat perkembangan lebih lanjut, sebelum menentukan pasangan calon yang didukung dalam Pilgub Jakarta.

"Kalau PAN jelas ada Zita Anjani. Nanti kita akan dibicarakan seperti apa koalisinya, nama-nama yang muncul, ada yang baru, ada yang lama, dan seterusnya," kata Zulhas di Kantor DPP PAN, Jakarta, Minggu, 14 Juli 2024.

Bakal Calon Wakil Gubernur Aceh Tu Sop Meninggal Dunia

Perkembangan Pilkada Jakarta saat ini, selain memunculkan nama Anies Baswedan, juga sejumlah nama belakangan mencuat. PKB Jakarta telah mendeklarasikan Anies. PKS bahkan langsung mengusung duet Anies dengan Sohibul Iman.

Sedangkan Partai Golkar terang-terangan siap mengusung putra bungsu Presiden Jokowi yang juga Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia, PSI, Kaesang Pangarep yang akan dipasangkan dengan Jusuf Hamka atau yang dikenal juga dengan panggilan Babah Alun.

Dedi Mulyadi: Jangan Rekrut Buzzer dan Nyusahin Warga

Nama lain yang juga Wakil Ketua Umum Golkar, Ridwan Kamil, masih memungkinkan diusung. Tetapi RK juga disebut akan diusung di Pilgub Jawa Barat. Zulhas mengakui RK cenderung ke Jawa Barat.

"Nanti kita lihat perkembangannya seperti apa," ujar Zulhas.

Sementara Sekretaris Jenderal DPP PAN, Eddy Soeparno menegaskan, sampai saat ini PAN tetap menyiapkan nama Zita Anjani untuk maju Pilkada Jakarta. Dia mengatakan, meskipun banyak yang ingin maju di Pilkada Jakarta, namun PAN diakui masih memikirkan strategi untuk menghadapi petahana.

"Kami melihat pertarungan di Jakarta ini memang banyak yang ingin maju, tetapi peluangnya bagaimana untuk mengalahkan petahana tentu perlu diperhitungkan, karena petahana biasanya diunggulkan. Ini termasuk RK (Ridwan Kamil) di Jawa Barat," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya