PPP Tunggu Pinangan Parpol Lain Usung Ahmad Luthfi-Taj Yasin di Pilgub Jateng

Sekjen PPP, Arwani Thomafi
Sumber :
  • VIVA/Rahmat Fatahillah Ilham

Jakarta - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mengaku siap mendukung duet antara Kapolda Jawa Tengah, Irjen Ahmad Luthfi dengan Taj Yasin Maimoen dalam Pilkada Jawa Tengah 2024.

Pembangunan Tak Berjalan jika Kotak Kosong Menang, Menurut Rumah Demokrasi

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PPP Arwani Thomafi menjelaskan pihaknya mendorong kadernya Taj Yasin untuk maju dalam kontestasi Pilgub Jateng 2024. Ia mengaku, DPD PPP Jateng sudah jalin komunikasi terkait duet Ahmad Luthfi dengan Taj Yasin.

"Mungkin bisa jadi (duet Ahmad Luthfi-Taj Yasin). Komunikasi ada, teman-teman di Jateng ada komunikasi. Tetapi dengan DPP belum ya," ujar Arwani kepada wartawan di DPP PPP, Jakarta Pusat, Jumat, 12 Juli 2024.

Indikator Politik: Elektabilitas Pasangan Dedi Mulyadi-Erwan Setiawan Unggul di Pilgub Jabar

Arwani Thomafi

Photo :

Di sisi lain, Arwani mengatakan sedang menunggu dukungan dari partai politik (parpol) lain untuk memberi dukungannya kepada Taj Yasin. Pasalnya, PPP tidak cukup suara untuk mengusung sendiri Tak Yasin di Pilgub Jawa Tengah.

Soal Dukung RK atau Pramono di Pilkada Jakarta, Sutiyoso: Enggak Ada yang Saya Pilih

"Kami senang jika beliau digandeng atau didukung oleh partai lain, karena PPP tidak cukup untuk mengusung sendiri. Kita butuh dukungan dari partai politik lain. Tokoh yang akan kita dorong tentu Gus Yasin. Harus ada koalisi dengan parpol lain," kata Arwani.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto mengatakan pihaknya berpeluang mengusung Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi sebagai bakal cagub di Pilgub Jawa Tengah (Jateng) 2024.

"Luthfi (Ahmad Luthfi) kan calon gubernur," kata Airlangga kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis, 20 Juni 2024.

Terkait nama bakal cawagub, Airlangga menyebut beberapa nama diproyeksikan berduet dengan Ahmad Luthfi. Nama yang dimaksud antara lain, politikus Golkar Dico Ganinduto dan eks Wakil Gubernur Jateng, Taj Yasin Maimoen.

"Ada Taj Yasin, ada Dico. Tinggal dipasang-pasangin saja," tutur dia.

Selain Partai Golkar, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan alias Zulhas minta dewan pimpinan wilayah partai mengusung Irjen Pol. Ahmad Luthfi sebagai bakal cagub Jawa Tengah dalam Pilkada 2024.

"Saya minta Jawa Tengah, Pak Luthfi nanti dibawa ke rakorwil," kata Zulhas usai Rakorwil PAN Jawa Tengah di Semarang, Sabtu.

Kapolda Jawa Tengah, Irjen Ahmad Luthfi

Photo :
  • Teguh Joko Sutrisno

Menurut dia, PAN siap mengusung, mendukung, dan memenangkan Irjen Ahmad Luthfi sebagai Gubernur Jateng periode 2024-2029. 

Zulhas menuturkan alasan pemilihan Luthfi sebagai bakal calon karena Kapolda Jateng itu merupakan figur pemimpin yang sukses. Dia mengaku sering berkomunikasi dengan Ahmad Luthfi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya