5 Partai Besar Dukung Khofifah-Emil Dardak di Pilgub Jawa Timur, Ada Lawan?

Khofifah-Emil Dardak Sambangi PPP untuk Dukungan Pilgub Jatim
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

Jakarta - Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak mendapat dukungan dari lima partai besar untuk maju dalam kontestasi Pilgub Jawa Timur 2024. Adapun pemilihan Kepala Daerah itu diselenggarakan pada 27 November 2024 mendatang. 

Diusung Gerindra di Pilgub Kalteng, Agustiar Sabran-Edy Pratowo Siap Bantu Pemerintahan Prabowo

Pertama, Khofifah dan Emil mendapat dukungan dari Partai Gerindra. Ketua umumnya, yaitu Prabowo Subianto menilai kinerja keduanya saat memimpin Jawa Timur pada periode sebelumnya terbukti bagus.

Khofifah-Emil Bertemu Prabowo Subianto

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Jadi Bakal Cagub Jateng, Komjen Luthfi Ngaku Belum Mundur dari Polri: Tunggu Tanggal Mainnya

"Ibu Khofifah dan Mas Emil ini, mereka sudah terbukti kinerjanya, prestasinya, membanggakan," kata Prabowo dalam konferensi pers di kediamannya di Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan, Jumat, 7 Juni 2024.

Selain itu, Prabowo melihat Khofifah dan Emil Dardak di periode sebelumnya berhasil meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang ada di Jawa Timur. 

Kata AHY soal Pilkada Jakarta Pasca Putusan MK: Kita Tidak Boleh Anggap Remeh

"Dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Jawa Timur. Kita perlu mereka untuk akselerasi mempercepat kemajuan Jawa Timur sebagai salah satu provinsi kunci di Indonesia," ujarnya.

Selain itu, PAN juga mendukung Khofifah-Emil untuk kembali memimpin Jawa Timur. Ketua umumnya, Zulkifli Hasan atau akrab disapa Zulhas menilai Khofifah dan Emil selalu mengedepankan kepentingan bangsa.

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto mengeluarkan rekomendasi untuk Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak maju pada Pilgub Jawa Timur 2024 (sumber: istimewa)

Photo :
  • Istimewa

"Bu Khofifah kami tahu, mengabdikan seluruh hidupnya untuk kepentingan umat. Ya untuk kepentingan bangsa dan negara, luar biasa beliau ini selalu sederhana waktunya siang dan malam, tenaga, pikiran dicurahkan untuk kemajuan umat bangsa dan negara," ujarnya.

Partai Golkar juga memberikan dukungannya kepada Khofifah dan Emil. Ketua umumnya, Airlangga Hartarto menilai keduanya memiliki kinerja yang baik untuk melanjutkan perjuangan di Jawa Timur. 

"Kami berharap dengan keberhasilan Ibu Khofifah dan Mas Emil di Jawa Timur, kita juga ingin melanjutkan. Partai Golkar konsisten terhadap pasangan di Jawa Timur dan kami sudah komunikasi dengan Koalisi Indonesia Maju yang seluruhnya punya calon yang sama," ujarnya.

Selain itu, Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) juga menyatakan mendukung penuh Khofifah dan Emil Dardak dalam kontestasi Pilgub Jawa Timur.

AHY menilai Khofifah merupakan salah satu politisi perempuan yang paling lengkap di Indonesia.

"Ibu Khofifah Indar Parawansa salah satu tokoh perempuan yang sangat dikenal, bukan hanya di Jatim, tapi juga secara nasional. Rekam jejak, sepak terjang, karirnya luar biasa. Bisa dikatakan politisi perempuan paling lengkap di Indonesia," kata dia.

PPP juga resmi menyatakan dukungannya kepada Khofifah dan Emil Dardak. Plt Ketua Umum PPP, Muhamad Mardiono mengatakan Khofifah dan Emil Dardak dapat melanjutkan tugas yang belum terselesaikan saat memimpin Jawa Timur di periode sebelumnya. 

"Melanjutkan kerjanya di Jatim, tentu untuk menyelesaikan PR-PR yang masih ditunggu rakyat Jatim yang belum diselesaikan di periode pertama," kata Mardiono.

Sementara hingga saat ini, partai politik yang belum mengusung Khofifah yaitu Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), PDI Perjuangan (PDIP), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Nasdem.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya