PSI Dukung Sosok Ini Maju Pilkada Garut 2024

Yudi Nugraha saat bersalaman dengan Ketum PSI Kaesang
Sumber :
  • VIVA.co.id/Diki Hidayat (Garut)

GarutPartai Solidaritas Indonesia (PSI) menyatakan dukungannya untuk Helmi Budiman selaku Ketua DPD PKS Garut, dan Yudi Nugraha Lasminingrat selaku Ketua DPC PPP, untuk maju dalam kontestasi Pilkada Garut 2024 pada 27 November 2024. Diketahui, PKS dan PPP memutuskan untuk berkoalisi pada Pilkada Garut 2024.

Kata KPU Sumbar soal Larangan Penarikan Calon Kepala Daerah oleh Parpol

Ketua DPC PSI Garut, Ramlan Gumelar membenarkan dukungan terhadap pasangan Helmi dan Yudi. Menurut dia, keduanya sudah melakukan komunikasi dan bertemu langsung dengan Ketua Umum PSI Kaesang  Pangarep. Hingga saat ini, hanya ada dua sosok yang diberikan surat tugas oleh DPP PSI untuk maju di Pilkada Garut, yaitu Helmi dan Yudi.

"Sudah ada silaturahmi dengan DPP PSI, kemudian bertemu desk Pilkada, serta Ketua Umum PSI Kaesang," ujarnya pada Kamis, 11 Juli 2024. 

Pilkada Serentak 2024, DPR Ingatkan Calon Kepala Daerah Jangan Menyerang secara Pribadi

Partai Solidaritas Indonesia, PSI

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

PSI di Kabupaten Garut diakuinya tak memiliki kursi legislatif di DPRD Garut, sehingga PSI hanya menjadi pendukung dan bukan pengusung. Akan tetapi, untuk mendapat dukungan itu tetap harus menempuh prosedur yang telah ditentukan PSI. 

Pilkada Kotak Kosong Dianggap dapat Rugikan Masyarakat

"Memang hingga saat ini baru Helmi Budiman dan Yudi Nugraha yang mendaftar ke PSI," ungkapnya. 

Sementara Ketua Bappilu PSI Jawa Barat, Widi Nugroho mengatakan Helmi dan Yudi telah memenuhi kriteria PSI untuk bisa didukung maju Pilkada Kabupaten Garut 2024. Saat ini, PSI berharap keduanya menjadi pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Garut untuk bertarung di Pilkada Garut 2024. 

"Kedua tokoh ini kami dukung dan diberikan surat tugas agar bisa berpasangan, tetap keputusan itu tentu kami kembalikan lagi ke partai masing-masing," katanya.

Sementara itu, kata dia, bahwa Helmi Budiman merupakan mantan Wakil Bupati yang menjabat dua periode sejak tahun 2013 hingga 2023. Adapun, Yudi Nugraha Lasminingrat merupakan Ketua DPC PPP dan pengusaha muda, serta menjabat ketua KADIN Garut yang cukup dikenal sebagai Juragan Batu Akik Garut. 

Adapun, sederet nama muncul dengan latar belakang pengusaha yang tengah berjuang mendapatkan partai pengusung dan mencari pasangan untuk Pilkada Garut 2024, di antaranya Nadiman, Dudung Sudiana, Yudi R Darajat, Deden Galih dan Putri Karlina yang merupakan pengusaha juga putri dari Kapolda Metro Jaya.

Selanjutnya, Abdusy Syakur Amin sebagai Rektor Uniga, Dadan Hidayatullah Ketua DPC PKB Garut, Uu Saepudin mantan pejabat Pemerintah Kabupaten Garut dan Ade Najmullah merupakan pensiunan Polri berpangkat AKBP.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya