PAN Sebut Sudaryono Layak Dipertimbangkan Jadi Cagub Jateng

Sekjen PAN Eddy Soeparno.
Sumber :
  • VIVA/Andrew Tito.

VIVA – Sekretaris Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno menyambut baik rencana Partai Gerindra mengusung Sudaryono maju dalam Pemilihan Gubernur atau Pilgub Jawa Tengah 2024. Menurutnya,  Sudaryono sebagai Ketua Dewan Pengurus Daerah Gerindra Jawa Tengah itu memiliki kinerja yang baik dan layak dipertimbangkan. 

Muncul Gerakan Coblos 3 Paslon di Pilgub Jakarta, Pramono Bilang Begini

"Mas Sudaryono saya kira punya peluang yang baik. Mas Sudaryono juga punya kinerja yang baik sebagai Ketua TKD Jawa Tengah. Jadi saya kira saat ini semua peluang terbuka," kata Eddy Soeparno di Kompleks Parlemen, Jakarta Pusat, Kamis, 11 Juli 2024. 

Ketua Partai Gerindra Jawa Tengah Sudaryono.

Photo :
  • ANTARA/Zuhdiar Laeis
Dinilai Layak Pimpin Kalteng, Agustiar Dapat Dukungan dari Tokoh Dayak Kapuas

Eddy mengatakan PAN menghormati keinginan Gerindra mendukung figur dari internal partai berlambang kepala burung Garuda tersebut. "Semua nama yang berpeluang, yang diajukan oleh teman-teman KIM, itu akan kami pertimbangkan. Saya paham teman-teman Gerindra akan mendorong Pak Sudaryono," kata Eddy. 

Keputusan final mengenai pencalonan akan diambil setelah melalui proses konsultasi dan rembukan dengan para ketua umum partai koalisi. Menurut Eddy, hasil akhir akan ditentukan secara kolektif oleh seluruh anggota KIM. 

Gus Iqdam Doakan Khofifah Kembali Pimpin Jatim: Pantas dan Terbukti

"Kalau ternyata kemudian teman-teman di koalisi memutuskan si A atau si B, ya kami rembuk. Tentu itu hal yang perlu kami pertimbangkan," ujarnya. 

Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan partainya berharap Sudaryono lolos sebagai calon gubernur dari partai itu.

Muzani menilai elektabilitas Sudaryono di berbagai lembaga survei sudah semakin meningkat. "Pak Sudaryono adalah harapan internal Partai Gerindra," kata dia, Kamis 23 Mei 2024 lalu. 

Namun, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengatakan pihaknya belum memutuskan Sudaryono sebagai calon gubernur (cagub) dari partainya. Menurut dia, pihaknya masih menggodok figur-figur yang akan diusung di provinsi itu. 

"Kita tunggu waktunya, supaya Anda sering ke sini," kata Prabowo kepada wartawan sambil tersenyum di kediamannya, Jakarta, Jumat, 7 Juni 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya