Peluang Isi Jabatan Menteri Kabinet Prabowo, Emil Dardak Jawab Begini

Eks Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak di kawasan Widya Chandra, Jakarta Selatan, Jumat, 17 Mei 2024
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Jakarta - Emil Dardak kembali mendapatkan dukungan dari Partai Demokrat untuk maju dalam kontestasi Pilgub Jawa Timur (Jatim) 2024. Namun, Emil santer diisukan mengisi jabatan sebagai menteri di Kabinet Pemerintahan Prabowo Subianto dah Gibran Rakabuming Raka pada periode 2024-2029.

Didukung Muhammadiyah, Agus Irawan Optimis Boyolali Bakal Lebih Maju dan Harmonis

Emil mengatakan hal itu merupakan hak dari seorang Presiden untuk menentukan kabinet untuk pemerintahan ke depannya.

"Kayaknya kalau kabinet bukan pemilihan dengan mencalonkan diri, itu hak prerogatif penuh dari Bapak Presiden sekarang dan nantinya. Jadi saya rasa bukan kompetensi saya untuk menjawab," ujar Emil di DPP Partai Demokrat pada Rabu, 10 Juli 2024.

Prabowo Temui Anwar Ibrahim, Bahas Penguatan Hubungan Indonesia-Malaysia

Partai Demokrat Resmi Usung Khofifah-Emil Dardak di Pilkada Jawa Timur

Photo :
  • VIVA.co.id/Rahmat Fatahillah Ilham

Di sisi lain, Emil mengaku saat ini kembali didukung Partai Demokrat dalam kontestasi Pilgub Jawa Timur mendampingi Khofifah Indar Parawansa sebagai bakal calon Wakil Gubernur pada November 2024.

Cari Suara di Pilgub Jakarta, Pramono Komunikasi dengan Pendukung Anies Baswedan

"Kebetulan bahwa koalisi yang mengusung Ibu Khofifah dan saya itu juga ada Partai Gerindra, yang mana ketumnya Pak Prabowo, Presiden terpilih. Sehingga saya rasa sudah terjawab dengan sendirinya," ujar Emil.

Dengan begitu, dirinya bakal fokus mengabdi dan memimpin masyarakat Jawa Timur selama lima tahun ke depan.

"Bahwa fokus dari ikhtiar pengabdian saya dan juga amanah dari Ketua Umum saya Bapak AHY, adalah untuk kembali mendampingi Ibu Khofifah, meneruskan ikhtiar dan prestasi-prestasi beliau dalam menyejahterakan dan mengabdikan diri untuk masyarakat Jatim," tuturnya. 

Partai Demokrat sebelumnya resmi mengusung Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak di Pilkada Jawa Timur (Jatim) 2024. Penyerahan SK dilakukan di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta Pusat, pada Rabu, 10 Juli 2024. SK diserahkan langsung oleh Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). 

AHY menjelaskan, Khofifah merupakan tokoh perempuan yang tidak hanya dikenal di Jawa Timur, namun juga dikenal secara nasional.

"Bisa dikatakan politisi perempuan paling lengkap di Indonesia karena pernah masuk di semua lini, baik di parlemen maupun pemerintahan," kata AHY.

AHY mengatakan, Khofifah juga berhasil memimpin dan menyelesaikan berbagai permasalahan di Jawa Timur mulai dari menurunkan angka kemiskinan hingga kesenjangan.

"Tentunya, ini menjadi alasan mengapa masyarakat Jawa Timur masih sangat mencintai dan mendukung Ibu Khofifah 5 tahun ke depan," jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Khofifah menyampaikan rasa terima kasihnya karena telah diberikan kepercayaan oleh Partai Demokrat untuk maju di Pilkada Jawa Timur.

"Saya bersama Mas Emil Elistianto Dardak, untuk kesekian kalinya menyampaikan terima kasih atas segala support, dukungan, pendampingan," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya