Gerindra Sebut Ahmad Luthfi dan Kaesang Sama Kuat di Jateng, Bakal Dibahas dalam Koalisi

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Habiburokhman
Sumber :
  • VIVA.co.id/Zendy Pradana

Jakarta - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman mengatakan sosok Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi dan Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep merupakan tokoh dengan elektabilitas kuat di Jawa Tengah. Dia pun menyebut keduanya sangat bagus jika dipasangkan di Pilkada Jateng 2024.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto Bilang Ada Cawe-cawe Kekuasaan di Pilkada Jatim

"Kalau Mas Kaesang dengan Mas Luthfi juga menurut saya bagus, kedua-duanya adalah tokoh di Jawa Tengah. Kaesang sangat kuat di Jateng, Pak Luthfi juga kuat," kata Habiburokhman kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Jakarta Pusat, Rabu, 10 Juli 2024.

Meski demikian, Habiburokhman menjelaskan, pihaknya belum memutuskan secara resmi siapa sosok yang akan diusung di Pilkada Jateng.

Bakal Calon Wakil Gubernur Aceh Tu Sop Meninggal Dunia

Kapolda Jawa Tengah, Irjen Ahmad Luthfi

Photo :
  • Teguh Joko Sutrisno

Pun, mengenai tingginya elektabilitas Ahmad Luthfi maupun Kaesang di Jateng itu kata dia akan dibicarakan lebih lanjut di internal partai.

Dedi Mulyadi: Jangan Rekrut Buzzer dan Nyusahin Warga

"Kaesang sangat kuat di Jateng, Pak Luthfi juga kuat, tinggal nanti dibicarakan di level koalisi seperti apa," jelas Habiburokhman.

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep mendapatkan elektabilitas paling tinggi di Pilkada Jawa Tengah. Kendati demikian, Kaesang justru dipepet oleh Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi.

Hal tersebut berdasarkan hasil survei Indikator Politik Indonesia. Dalam hasil survei, Kaesang Pangarep mendapatkan elektabilitas tertinggi dalam simulasi survei 20 nama calon dengan keterpilihan 17,7 persen.

Ketum PSI Kaesang Pangarep, Pembekalan Calon Legislatif Terpilih PSI di Jakarta,

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Kemudian, untuk posisi kedua diduduki oleh Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi dengan nilai 15,6 persen. 

Pendiri Indikator Burhanuddin Muhtadi menilai bahwa Irjen Ahmad Luthfi menjadi pesaing ketat Kaesang karena persentase keterpilihannya masih dalam rentang margin of error.

"Kaesang berada di peringkat pertama tetapi dalam selisih margin of error dengan Ahmad Lutfi Kapolda Jawa Tengah. Jadi, kita tidak tahu sebenarnya siapa yang unggul. Tetapi Kaesang berada di peringkat pertama secara absolut. Pun, itu tidak dominan," ujar Burhanuddin dalam keterangannya, Minggu 7 Juli 2024.

Posisi ketiga diisi oleh mantan Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin Maimoen dengan elektabilitas 12,8 persen. Selanjutnya diisi oleh politikus PDIP Bambang Wuryanto atau Bambang Pacul dengan nilai elektabilitas sebanyak 6 persen.

Kemudian, ada nama Bupati Kendal Dico Ganinduto dengan elektabilitas 5,6 persen, Raffi Ahmad 4,4 persen, Achmad Husein 3,4 persen, M. Yusuf Chudiori 3,3 persen, Sudaryono 3,2 persen, dan beberapa nama lainnya dengan elektabilitas di bawah 3 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya