Kaesang Sebut Baiknya PKS Usung Kader Sendiri jadi Cagub Jakarta daripada Anies

Ketum PSI Kaesang Pangarep bertemu
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep mengatakan, seharusnya PKS mengusung kadernya sendiri menjadi calon gubernur (cagub) di Pilgub Jakarta. Kaesang sarankan PKS jangan mengusung kader sebagai wakil. 

Nasdem: Jangan Lihat Elektabilitas, Sepak Terjang Anies yang Diidam-idamkan

Pernyataan itu Kaesang utarakan sebagai pendapat pribadinya, saat membaca putusan PKS yang memasangkan Anies Baswedan dan Sohibul Iman sebagai pasangan bakal cagub dan bakal cawagub Jakarta.

Kaesang menilai demikian karena PKS merupakan partai pemenang Pileg 2024 di Jakarta dengan pencapaian 18 kursi.

“Ini menurut saya pribadi ya. PKS ini sebagai pemenang pemilu di Jakarta punya 18 kursi. Saya rasa jauh lebih elok kalau ini mengusung gubernur (bukan wakil),” ujar Kaesang di Jakarta, dikutip Selasa, 9 Juli 2024.

Di sisi lain, Presiden PKS, Ahmad Syaikhu mengaku menerima usulan Kaesang sebagai masukan pihaknya.

Nasdem Beri Syarat ke Anies Baswedan untuk Cari Sosok Wakilnya di Pilgub Jakarta

“Itu masukan. Insya Allah kita terima masukan ini,” kata Syaikhu.

Ketum PSI Kaesang Pangarep Bertemu Presiden PKS Ahmad Syaikhu

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Kaesang pun menuturkan, usulan itu bukanlah dari partai namun hanya sebatas pendapat pribadi.

“Itu pendapat saya pribadi ya pak,” jelas Kaesang.

“Ya makasih,” tutur Syaikhu.

Sebelumnya, PKS yakin dengan duet Anies-Sohibul yang diusung bisa memenangkan Pilgub Jakarta. Bahkan, Anies disebut beruntung diusung dan diduetkan dengan Sohibul.

Juru Bicara PKS, Muhammad Iqbal mengatakan, pihaknya adalah pemenang Pileg 2024 di Jakarta. Bahkan, sebelum Anies, Iqbal menyampaikan calgub yang mereka dukung pernah menang di Pilgub Jakarta.

Selain itu, Iqbal mengatakan Sohibul memiliki rekam jejak dari rector, pimpinan parpol, hingga pernah jabat Wakil Ketua DPR.

"Jadi Jakarta ini basis PKS. Dan kami berharap ini momentum bagi PKS apalgi Pak Sohibul Iman mantan Presiden (PKS), mantan rektor (Paramadina), mantan Wakil Ketua DPR RI. Ini pilihan terbaik," jelas Iqbal dalam program Apa Kabar Indonesia Pagi tvOne, Jumat 5 Juli 2024.

Bila Anies gunakan kendaraan PKS untuk maju di Pilgub Jakarta, Iqbal menilai akan menguntungkan eks capres itu yang ingin Kembali menduduki jabatan Gubernur Jakarta untuk periode keduanya.

"Anies beruntung karena ke depan Ketua DPRD nya juga dari PKS. Mesin politiknya juga berjalan kencang, berjalan 3 kali lipat," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya