Bawaslu RI Koordinasi dengan Plt Ketua KPU RI soal Coklit Data Pemilih Pilkada 2024

Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI Puadi
Sumber :
  • ANTARA

Jakarta – Bawaslu RI mengungkap Plt Ketua KPU RI Mochammad Afifuddin telah berkoordinasi dengan pihaknya, terutama soal pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih untuk Pilkada 2024.

"Dalam waktu dekat, mereka (KPU RI) hadir ke Bawaslu," kata Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Data dan Informasi Bawaslu RI Puadi di Jakarta, Jumat, 5 Juli 2024.

Lebih lanjut, Puadi menuturkan bahwa pertemuan tersebut nantinya akan mengoordinasikan terkait tahapan penyelenggaraan Pilkada 2024 yang sedang berjalan.

Pertarungan antara Tokoh PDIP dan Kaesang di Pilkada Jateng Sengit, Menurut Pengamat

Ilustrasi Pilkada.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Adeng Bustomi


"Sehingga, perlu disampaikan hal-hal apa saja yang menjadi atensi Bawaslu yang harus dikoordinasikan, mengingat juga regulasi yang sudah ada, kita tetap masih menggunakan UU Nomor 10 Tahun 2016 (tentang Pilkada)," kata Puadi.

Edy Rahmayadi soal PKB Dukung Bobby Nasution di Pilgub Sumut: Itu Lah Dinamika Politik


Puadi menekankan bahwa koordinasi memang diperlukan karena Bawaslu juga berkepentingan memastikan seluruh warga negara Indonesia yang memiliki hak konstitusional dapat terdaftar sebagai daftar pemilih.

"Sehingga, nanti ada beberapa hal hasil kerawanan pemetaan-pemetaan yang dibuat untuk disampaikan ke KPU agar bisa ditindaklanjuti," imbuhnya.

Faktor Kaesang Lebih Mudah Menang di Pilkada Jawa Tengah Ketimbang Jakarta
Bacalon Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi diwawancarai usai menjalani tes wawancara di Kantor DPD PDIP Sumut, Kota Medan.(B.S.Putra/VIVA)

Edy Rahmayadi Optimis Didukung PDIP di Pilgub Sumut 2024

Edy Rahmayadi menjalani fit and proper test di Kantor PDIP Sumut pada Jumat siang. Ia optimis akan mendapatkan rekomendasi dari PDIP

img_title
VIVA.co.id
5 Juli 2024