SMRC: Kaesang Lebih Unggul Maju Pilkada Jawa Tengah 2024

Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep di Kantor Muhammadiyah DKI Jakarta, Jumat, 21 Juli 2024.
Sumber :
  • ANTARA/Walda Marison

Jakarta - Peneliti Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Saidiman Ahmad menyebut Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep memiliki peluang menang di Pilkada Jawa Tengah 2024. Menurut dia, Kaesang unggul daripada calon-calon lain jika maju Pilkada Jawa Tengah.

Kaesang Blusukan di Tanjung Priok, Salat Jumat hingga Bagi Buku Gratis

"Kaesang sekarang cenderung lebih unggul dari calon lain," kata Saidiman dikutip pada Jumat, 5 Juli 2024.

Ketum PSI Kaesang Pangarep dan para elite PSI di Jakarta.

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
PDIP Buka Peluang Dukung Bobby Nasution di Pilgub Sumut

Memang, kata dia, putera bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini belum kokoh keunggulannya jika maju Pilkada Jawa Tengah. Sebab, lanjut dia, masyarakat alasannya belum mengetahui figur calon-calon yang ingin maju Pilkada Jawa Tengah 2024.

“Saya melihat belum ada tokoh yang benar-benar dominan dalam pemilihan gubernur di Jawa Tengah,” ujarnya.

Nagita Slavina Diusulkan Jadi Pendamping Bobby Nasution di Pilgub 2024, Ini Kata PKB Sumut

Menurut dia, tingkat pengenalan warga terhadap nama-nama bakal calon gubernur potensial masih sangat rendah, pada umumnya di bawah 50 persen. Sementara, baru Kaesang dan Kapolda Jawa Tengah, Irjen Ahmad Luthfi yang tingkat pengenalan warga cukup tinggi.

"Di antara nama-nama yang ada, Ahmad Luthfi dan Kaesang Pangarep sedikit lebih unggul dibanding yang lain. Namun, keunggulan keduanya tidak dominan," katanya.

Dalam survei LSI, kata Saidiman, baru dipublikasi pada pertanyaan terbuka dan masih ada 78,7 persen yang tidak bisa menjawab calon gubernurnya di Jawa Tengah secara spontan.

"Dalam simulasi semi terbuka, tidak ada calon yang mendapatkan suara di atas 20 persen. Artinya, pertarungan di Jawa Tengah masih sangat terbuka," pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya