Survei Indikator Pilgub Jabar: RK Unggul Telak Head to Head Lawan Dedi Mulyadi

Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Sumber :
  • Pemprov Jabar

Jakarta - Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei Pilgub Jawa Barat 2024. Hasilnya, elektabilitas eks Gubernur Jabar Ridwan Kamil alias RK mengungguli mantan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi dalam simulasi head to head

AHY Bicara Restu SBY Sebelum Usung Cagub-cawagub di Pilkada 2024

Ridwan Kamil memperoleh suara sebanyak 55,1 persen dan Dedi Mulyadi 38 persen. Survei Indikator memotret simulasi tiga nama yakni RK memperoleh 56,3 persen unggul dari Dedi Mulyadi 35,1 persen dan Ilham Akbar Habibie 3,3 persen.

"Ini nama nama yang muncul di kalangan elite. Dedi Mulyadi muncul dari internal Gerindra, Ilham Akbar Habibie dari Nasdem, Ridwan Kamil dari Golkar," kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi dalam paparannya secara daring, Kamis, 4 Juli 2024.

PKS dan PPP Berkoalisi tapi Tunggu Survei Siapa yang Maju di Pilkada Garut

Dedi Mulyadi Kunci Peta Pilgub Jabar Pasca Gerindra Rekom Ridwan Kamil di Pilgub Jakarta

Photo :
  • VIVA.co.id/Adi Suparman (Bandung)

Kemudian dalam simulasi top of mind, urutan pertama kembali diduduki RK dengan 16 persen perolehan suara. Sementara, urutan kedua ditempati Dedi Mulyadi dengan 11,2 persen.

Golkar Gelar Survei Tahap Kedua untuk Tentukan Ridwan Kamil Maju Pilkada Jakarta atau Jabar

Burhanuddin menyebut, dalam survei tersebut, 39,7 persen pemilih RK menjatuhkan pilihannya karena sudah ada bukti nyata hasil kerjanya. Status RK merupakan Gubernur Jabar periode 2018-2023. 

Sementara, terdapat 44,7 persen pemilih Dedi Mulyadi menjatuhkan pilihannya karena perhatian pada rakyat.

Adapun survei Indikator Politik Indonesia digelar dalam kurun waktu 20-27 Juni 2024. Sebanyak 1.214 responden yang dipilih melalui double sampling. 

Angka margin of error survei plus minus 2,8 persen. Lalu, survei memiliki tingkat kepercayaan 95 persen dengan asumsi simple random sampling.

Populasi survei adalah warga negara Indonesia di Provinsi Jawa Barat yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dan memiliki telepon. Wawancara responden dilakukan lewat telepon oleh pewawancara yang dilatih.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya