Gerindra dan NasDem Koalisi Dukung Keponakan Surya Paloh di Pilwakot Medan

Deklarasikan Rico Waas dan Zakiyuddin Harahap sebagai Bacalon Walikota dan Wakil Walikota Medan periode 2025-2030, di Grand City Hall Medan.(B.S.Putra/VIVA)
Sumber :
  • VIVA.co.id/B.S. Putra (Medan)

Medan – NasDem dan Gerindra kompak berkoalisi dan mendeklarasikan Rico Waas dan Zakiyuddin Harahap sebagai bakal calon wali kota dan wakil wali kota Medan periode 2025-2030, di Grand City Hall Medan, Rabu sore, 3 Juli 2024.

PDIP Buka Peluang Dukung Bobby Nasution di Pilgub Sumut

Deklarasi ini dihadiri Sekretaris DPD Gerindra Sumut, Sugiat Santoso. Ia mengungkapkan bahwa menjadi keputusan bersama mendukung Rico Waas merupakan kader Partai NasDem dan keponakan Surya Paloh dan Zaki merupakan kader Partai Gerindra.

"Pertama bahwa secara prinsip NasDem dan Gerindra akan berkoalisi di Pilkada Kota Medan. Secara strategis bentuk koalisi menuju Pilkada Kota Medan, bahwa untuk calon wali Kotanya dari kader terbaik NasDem Rico Waas dan untuk calon Wakil Wali Kotanya dari kader terbaik Gerindra Zakiyuddin Harahap," ungkap Sugiat.

Nagita Slavina Diusulkan Jadi Pendamping Bobby Nasution di Pilgub 2024, Ini Kata PKB Sumut

Ilustrasi Pemilu 2024.

Photo :
  • VIVA

Pilwakot Medan tahun ini, Sugiat mengungkapkan partai politik tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) plus PKB bakal mendukung Rico dan Zaki.

SMRC: Kaesang Lebih Unggul Maju Pilkada Jawa Tengah 2024

"Terkait bagaimana koalisi ini terbangun sampai memenangkan pertarungan Pilkada Kota Medan, kita sudah bicarakan dengan pertemuan-pertemuan internal untuk mematangkan ini," kata Sugiat.

"Kami juga tidak menutup peluang, untuk partai-partai lain untuk berkoalisi khususnya di Koalisi Indonesia Maju (KIM), tingkat Medan plus PKB dan yang lainnya untuk bergabung bersama-sama membangun Kota Medan," kata Sugiat.

Ketua DPW NasDem Sumut, Iskandar ST mengungkapkan NasDem dan Gerindra tingkat provinsi, DPD hingga DPC di Kota Medan, siap memenangkan Rico Waas dan Zaki di Pilkada Medan 2024.

"Kami mengucapkan terima kasih, kepada Partai Gerindra yang mau bekerjasama bersama Partai NasDem untuk bersama-sama membangun Kota Medan dan kami harapkan pasangan ini merupakan pasangan terbaik untuk Kota Medan," sebut Iskandar.

Pasca deklarasi ini, Iskandar menjelaskan NasDem dan Gerindra segera menyusun program-program pemenangan bagi Rico Waas dan Zaki di Pilwalkot Medan 2024.

"Kerja sama kita bukan hanya di Kota Medan tapi diseluruh Kabupaten/Kota di Sumatera Utara. Kalau Gubernur kita sudah jelas kita berkoalisi dengan Gerindra dan kami harapkan kerjasama kita ini semakin padu dalam rangka membangun Sumatera Utara," kata Iskandar.

"Kami juga membuka peluang kepada seluruh partai untuk bergabung karena Medan ini harus dibangun secara bersama-sama untuk membangun Medan lebih baik," ucap Iskandar.

Bacalon wali kota Medan, Rico Waas mengatakan pasangan tentram, saling melengkapi dan mengisi kekurangan. Dia memohon doa dan dukungan agar pasangan dan koalisi ini berjalan dengan baik ke depan.

"Kita berharap bisa membangun Kota Medan dengan sinergi di Kota Medan. Sehingga terciptanya, Medan lebih baik ke depannya," ucap Rico Waas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya