Pertimbangan PDIP Usung Kaesang Diputuskan di Pilkada Jateng melalui Rapat DPP, Kata Wasekjen

Ketua Fraksi PDIP DPR Utut Adianto
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Jakarta - Wakil Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Utut Adianto mengatakan bahwa pertimbangan partainya untuk mengusung Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep, yang juga putra bungsu Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), pada Pilkada Jawa Tengah (Jateng) 2024 akan diputuskan melalui rapat internal DPP PDIP.
 
"Jadi kalau Mas Kaesang tadi Mbak Puan (Puan Maharani) bilang dipertimbangkan, tentu semua dipertimbangkan, tapi yang diputuskan siapa itu nanti (diusung) melalui rapat di DPP," kata Utut di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu, 3 Juli 2024.
 
Dia pun lantas merespons nama Kaesang yang meraih dukungan lebih tinggi dari Ketua DPD PDIP Jawa Tengah Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul pada survei teranyar Lembaga Survei Indonesia (LSI).

Megawati Lantik Ganip Warsito hingga Andi Widjayanto jadi Kepala Badan di PDIP

Ketum PSI Kaesang Pangarep dan para elite PSI di Jakarta.

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

 
Dia menyebut Ketua Komisi III DPR itu menyatakan tidak akan maju pada Pilkada Jateng 2024. Pernyataan Bambang Pacul tersebut telah disampaikan kepadanya beberapa kali sehingga menunjukkan bentuk keseriusan.

Megawati ‘Sentil’ Jokowi: Jangan Bikin Versi Sendiri!

 
"Kalau Mas Pacul, yang saya tahu, beliau bilang ke saya berkali-kali, lebih dari tiga kali, tidak ingin maju pilkada. Dia mengatakan ‘Saya bersikap kesatria, kalau mengambil itu (maju pilkada) bukan jalan hidup saya’. Tentu saya menghormati senior saya, beliau adalah guru dan mentor saya di politik dan saya yakin yang disampaikan bukan basa-basi," tuturnya.
 
Dia pun secara pribadi lebih memilih mendorong mantan panglima TNI Jenderal Purn. Andika Perkasa untuk maju pada Pilkada Jateng 2024.
 
Menurut dia, sosok Andika kompatibel untuk berkompetisi melawan Kepala Polda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi yang di gadang-gadang akan maju pada Pilkada Jateng 2024.

Soroti UKT Naik, Megawati: Kalau untuk Sekolah Gak Ada Duitnya, Saya Kurangi Bansos

Ketua Komisi III DPR Bambang Wuryanto saat diwawancarai awak media

Photo :
  • DPR RI

 
"Kalau orang kayak saya karena di sebelah sana Pak Kapolda sudah maju tentunya Pak Luthfi, ya. Nah, kalau Pak Andika mau maju paling enggak memberi rasa aman di antara para kader se-Jawa Tengah," ujar dia.
 
Pada Selasa, Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani mengatakan bahwa partai-nya ikut mempertimbangkan nama Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep, yang juga putra Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), pada Pilkada Jawa Tengah (Jateng) 2024.
 
"Iya dong, (Kaesang) jadi salah satu pertimbangan juga," kata Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.
 
Dia pun menanggapi positif hasil survei teranyar Lembaga Survei Indonesia (LSI) yang menempatkan Kaesang di urutan kedua dengan dukungan terbanyak dalam simulasi top of mind mengenai kandidat bakal calon Gubernur Jawa Tengah. (ant)

Presiden Joko Widodo memberikan keterangan pers di depan Istana Negara IKN

PUPR: Pemasangan Bilah Sayap Garuda di Kantor Presiden IKN Rampung Pekan Depan

Kementerian PUPR melaporkan capaian progres terkini pembangunan Kantor Presiden di Ibu Kota Negara (IKN), yang sudah mencapai 92 persen.

img_title
VIVA.co.id
5 Juli 2024