Elite PDIP Sebut Andika Perkasa Gak Pas Jadi Cawagub Anies, Kelasnya Gubernur

Eks Panglima TNI Andika Perkasa di Rakernas V PDIP
Sumber :
  • YouTube PDIP

Jakarta - PDI Perjuangan (PDIP) memprioritaskan kadernya seperti Andika Perkasa untuk maju dalam kontestasi Pilkada 2024. Nama Andika mencuat masuk bursa kandidat Pilgub Jakarta.

Puan Sebut Nama Nadiem Makarim saat Ditanya Calon PDIP di Pilgub Jakarta

Wakil Sekretaris Jenderal DPP PDIP Utut Adianto menyebut Andika Perkasa yang notabene eks Panglima TNI tak cocok jadi bakal cawagub mendampingi Anies Baswedan. Dia merespons wacana Anies berduet dengan Andika Perkasa.

Menurut Utut, Andika cocoknya menjadi calon gubernur. Dia pun mengaku tak tahu wacana Anies-Andika usulan dari pihak mana.

Megawati: Bukti Kecurangan Pemilu 2024 Ada tapi Diumpetin, Kan Gampang Saja Lho

"Kalau disebutkan, saya tidak ingin berbantahan kader partai kami. Kalau usulan kan dari mana-mana. Tapi kan Pak Andika panglima TNI, kalau untuk jadi wagub hemat saya nanti, menurut saya enggak pas lah. Kalau dia mau, ya jadi gubernur," kata Utut di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 3 Juli 2024. 

Ketua Fraksi PDIP DPR Utut Adianto

Photo :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Megawati Lantik Ganip Warsito hingga Andi Widjayanto jadi Kepala Badan di PDIP

Meski begitu, Utut belum bisa memastikan Andika Perkasa maju dalan kontestasi Pilgub provinsi mana. 

"Tentu beliaunya juga harus, kalau pemain bola harus lari-lari kecil, pemanasan, wilayahnya mana? Nanti kita cek," kata Ketua Fraksi PDIP di DPR itu. 

Lebih jauh, Utut mengatakan, figure Andika lebih cocok untuk memimpin Jawa Tengah. Namun, di sisi lain, PDIP juga mempertimbangkan nama Kapolda Jateng Irjen Ahmad Lutfi. 

"Sekarang ada Kapolda Jawa Tengah Pak Luthfi mau maju gubernur, kalau hemat saya Pak Andika bersedia, Pak Andika bisa ke Jawa Tengah," lanjut Utut.

Dia menuturkan ada perbedaan antara Pilgub Jateng dan Pilgub Jakarta karena memiliki mozaik yang berbeda.

"Kenapa enggak Jakarta? Nanti kan mozaiknya beda, Jawa Tengah itu pemilihnya sekitar 28,5 juta. Kalau Pak Andika ke sana, Pak Andika memberi rasa aman kepada kader-kader PDI Perjuangan seluruh Jawa Tengah," imbuhnya. 


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya