PKB Akui Lebih Condong Dukung Bobby Nasution Daripada Edy Rahmayadi di Pilgub Sumut

Wali Kota Medan, Bobby Nasution Usai Jalani Uji Kelayakan di DPP PKB
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rahmat Fatahillah Ilham

Jakarta – Partai Kebangkitan Bangsa, lebih condong untuk memilih mendukung menantu Presiden Jokowi, Bobby Nasution di Pilgub Sumatera Utara. Walau, calon lainnya yang juga mantan Gubernur Edy Rahmayadi, sudah mendaftarkan dirinya ke PKB.

Peraturan KPU: Anggota DPR dan DPRD Terpilih 2024 Harus Mundur Bila Daftar Ikut Pilkada

Wakil Ketua Umum PKB, Jazilul Fawaid mengungkap kecenderungan partainya terhadap sosok yang akan diusung maju di Pilkada Sumatera Utara 2024. Diakui oleh politisi yang akrab disapa Gus Jazil itu, PKB lebih cenderung mendukung Wali Kota Medan Bobby Nasution dibandingkan dengan Edy Rahmayadi. Keduanya kata Jazilul sudah mengikuti UKK PKB untuk Pilgub Sumut.

"Kita lebih cenderung ke Mas Bobby dan dua-duanya sudah UKK oleh DPP PKB," kata Jazilul kepada wartawan di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, dikutip Rabu, 3 Juli 2024. 

Jelang Pilgub Sulut, Survei: Elektabilitas Jan Samuel Maringka Pepet Elly Lasut

Jazilul menyebut keputusan resmi untuk memberikan dukungan terhadap Bobby Nasution maupun Edy Rahmayadi, masih menunggu putusan final dari DPP PKB.

"Ini tinggal menunggu satu langkah lagi keputusan dari DPP PKB secara final apakah ke Mas Bobby, apakah ke calon lain. Belum diputuskan," katanya. 

PKB: Sandiaga Uno Punya Popularitas di Jawa Barat

Sebagai informasi, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) terus menggodok tokoh-tokoh yang akan maju di Pilkada Serentak 2024, termasuk Pilgub Sumatera Utara. Ada dua tokoh potensial yang dinilai PKB bakal maju bersaing memperebutkan kursi Sumut-1

Ketua Bidang Komunikasi dan Informasi Teknologi DPP PKB Ahmad Iman Sukri menyebutkan, dua tokoh yang berpotensi bakal maju kontestasi di Pilgub Sumut yakni menantu Presiden Joko Widodo, yaitu Bobby Nasution dan petahana Edy Rahmayadi. PKB juga mengaku sudah menjalin komunikasi dengan keduanya.

"Untuk Sumut ada tiga calon gubernur yang nampaknya serius untuk berkompetisi. Pertama, Pak Bobby, yang kedua Edy Rahmayadi, terakhir Pak Ijeck. Sejauh ini komunikasi ke PKB baru dua, yaitu Pak Bobby dan Edy Rahmayadi," kata Iman dalam konferensi pers di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Rabu, 29 Mei 2024.

Iman mengaku arah dukungan PKB sudah mengerucut di Pilgub Sumut. Namun, dia masih merahasiakan tokoh yang didukung PKB, apakah Bobby Nasution atau Edy Rahmayadi. "Ada sih, tapi masih rahasia-lah ya," ujar Iman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya