Elektabilitas Helldy Agustian Unggul di Survei, Pengamat: Berpeluang Menang Pilkada Cilegon 2024

Ilustrasi Pemilu 2024.
Sumber :
  • VIVA

Jakarta - Panel Survei Indonesia (PSI) merilis riset terbarunya terkait persaingan figur bakal calon wali kota di Pilkada Cilegon, Banten. Ada beberapa temuan versi survei PSI.

Akomodasi Putusan MA, PKPU Pilkada Atur Cagub-Cawagub Usia 30 Tahun saat Dilantik

Direktur Eksekutif PSI, Mahendra Zaini menilai dari hasil survei, penilaian masyarakat responden terhadap kinerja Wali Kota Cilegon Helldy Agustian menunjukkan tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Pemkot Cilegon dengan mencapai 89,7 persen. Helldy digadang kuat maju kembali di Pilkada Cilegon 2024.

"Tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Pemkot Cilegon di bawah kepemimpinan Wali Kota Helldy Agustian menembus 89,7 persen terhadap kinerja pelayanan publik dan 10 program prioritas Pemkot Cilegon," kata Mahendra dalam keterangannya Selasa,2 Juli 2024.

Blusukan Cari Dukungan Buat Jadi Wakil Bupati Bandung Barat, Jeje Govinda Dicibir Netizen

Helldy Agustian, Walikota Cilegon, saat menemui korban kapal terbakar di Merak

Photo :
  • VIVA/Yandi Deslatama

Menurut dia, warga Cilegon secara umum menilai kepemimpinan Helldy Agustian saat ini lebih baik bila dibandingkan kepemimpinan pemerintahan periode sebelumnya. Dia menuturkan dari temuan survei menunjukan jika hari ini dilakukan pemilihan Wali Kota Cilegon dengan pada pertanyaan terbuka secara Top of Mind. Pilihan mayoritas dari 1.250 responden itu memilih Helldy sebanyak 39,8 persen. Lalu, di urutan kedua ada Isro Mi'raj 17,1 persen.

Puan Maharani Bicara Peluang PDIP Usung Andika Perkasa di Pilkada Jakarta 2024

Kemudian, ada Ratu Ati Marliati 8,8 persen, Sanuji Pentamarta 7,2 persen, Alawi Mahmud 5,2 persen, Dede Rohana Putra 3,1 persen, Robinsar 2,2 persen dan tidak memilih 16,6 persen.

Selanjutnya, dalam survei dengan simulasi pertanyaan tertutup dengan menyajikan tiga nama yakni Helldy Agustian, Isro Mi'raj dan Sanuji Pentamarta. Dari hasil simulasi itu, nama Wali Kota Cilegon Helldy Agustian masih dapat tingkat elektabilitas tertinggi.

"Yakni Helldy Agustian sebesar 53,7 persen, Isro Mi'raj dengan elektabilitas 15,7 persen dan Sanuji Pentamarta hanya di angka 8,9 persèn dan tidak memilih sebanyak 21,7 persen," jelas Mahendra.

Pengamat politik Citra Institute, Yusak Farchan menilai unggulnya Wali Kota Cilegon, Helldy Agustian di survei PSI lantaran sosoknya yang lebih dikenal warga Cilegon. Faktor itu yang membuat elektabilitas Helldy tinggi menuju Pilkada Cilegon 2024.

Yusak menyebut sebagai kepala petahana, Helldy Agustian lebih sering bertemu dengan warga Cilegon. Bagi dia, kondisi itu jadi modal kuat untuk Helldy kembali memimpin Cilegon.

"Tentunya itu menjadi modal untuk kembali terpilih menjadi Walikota Cilegon di Pilkada 2024," kata Yusak, Selasa, 2 Juli 2024.

Dalam dinamikanya, Helldy juga didukung partai pemenang Pemilu 2024. Kondisi itu dinilai memuat Helldy punya peluang menang di Pilkada Cilegon. "Ini jadi peluang menang di Pilwakot Cilegon 2024," tutur Yusak.

Lebih lanjut, dia menuturkan dari survei PSI memperlihatkan ada suara keinginan agar Helldy memimpin kembali Kota Cilegon.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya