Demokrat Puji Kinerja Heru Budi, Soroti Minimnya Pemberitaan

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono
Sumber :
  • ANTARA/Andi Firdaus

VIVA – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Jakarta, Mujiyono, memberikan pujian terhadap kinerja Pejabat (PJ) Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Heru Budi. Selain itu, Mujiyono juga menyoroti minimnya pemberitaan mengenai pekerjaan yang telah dilakukan oleh Heru Budi di media massa.

Sudaryono Bertemu Empat Mata dengan Gibran Rakabuming Raka, Bahas Apa?

Menurut Mujiyono, perhatian media terhadap kontribusi Heru Budi masih minim, seharusnya bisa besar mengingat pentingnya peran dan tanggung jawab yang diembannya sebagai PJ Gubernur.

Mujiyono menjelaskan bahwa Heru Budi memiliki karakteristik sebagai seorang pemimpin sekaligus birokrat yang selalu berorientasi pada hasil.

Pesan Tegas Ahmad Syaikhu untuk Anies: Jika Ingin Maju Bersama PKS Harus Bawa Sohibul Iman

Menurut Mujiyono, Heru Budi tidak mencari sorotan media atau popularitas, melainkan fokus pada pencapaian nyata dan produktivitas dalam menjalankan tugas-tugasnya. Pemimpin seperti Heru Budi lebih mementingkan kinerja yang efektif dan efisien daripada ingar bingar pemberitaan di media massa.

"Biasanya kalau politikus yang memimpin hasilnya belum nyata tapi pemberitaannya sudah meluas, hal ini berbeda dengan seorang Heru Budi Hartono. Seorang birokrat tulen yang selalu berorientasi kepada hasil yang nyata dan dapat dicapai," kata Mujiyono di Jakarta, pada Selasa (2/7/24).

Edy Rahmayadi Tak Ingin Ijeck jadi Cawagub: Ijeck Masih Muda, Bisa Jadi Menteri

Mujiyono membeberkan sejumlah kinerja unggul Heru Budi selama memimpin Jakarta. Salah satu pencapaian yang signifikan adalah keberhasilannya menurunkan prevalensi stunting di Jakarta dari 16,8 persen menjadi 14,8 persen. Hal ini dicapai melalui program pemberian makanan sehat, susu, dan pemeriksaan kesehatan. Bahkan, dari jumlah 22.000 anak yang mengalami stunting, sebanyak 9.000 anak telah dinyatakan lulus dari kondisi stunting.

Presiden Jokowi didampingi Pj Gubernur DKI Heru Budi kunjungi Pasar Tanah Abang.

Photo :
  • Pemprov DKI Jakarta

Selain itu, untuk mengatasi persoalan banjir, Heru Budi juga berhasil menuntaskan proyek Sodetan Ciliwung yang terlantar bertahun-tahun. Berkat upayanya, proyek tersebut dapat diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada akhir Juli 2023. Pencapaian ini dinilai menunjukkan komitmen Heru Budi dalam menyelesaikan masalah infrastruktur yang krusial bagi masyarakat Jakarta.

"Kehadiran Sodetan Ciliwung diharapkan dapat memitigasi banjir di Jakarta, khususnya di wilayah yang dialiri Sungai Ciliwung," katanya.

Mujiyono menambahkan bahwa Heru Budi telah melanjutkan pembangunan sarana transportasi massal, seperti pembangunan MRT Koridor Timur-Barat. Dalam upaya ini, Heru Budi berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk mengatasi kemacetan. Koridor ini akan melayani rute Cikarang-Jakarta-Balaraja dan Tomang-Medan Satria.

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dan Menhub Budi Karya Sumadi

Photo :
  • VIVA/Rahmat Fatahillah Ilham

Heru Budi dinilai mampu menjaga pertumbuhan dan stabilitas ekonomi Jakarta dengan meningkatkan ketahanan pangan dan daya beli masyarakat melalui revitalisasi pasar tradisional.

Heru Budi juga menjaga ketersediaan stok pangan di pasar hingga berhasil mengatasi kemiskinan ekstrem di Jakarta melalui Program Intervensi Kemiskinan Terpadu. 

"Dalam pelaksanaannya, semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait melakukan validasi dan pemutakhiran data agar tepat sasaran. Fokus program ini mengurangi beban pengeluaran keluarga tidak mampu melalui bantuan atau layanan sosial," katanya.

Beberapa hasil kinerja yang diungkapkan oleh Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Jakarta itu menjadi alasan Partai Demokrat mengusulkan nama Heru Budi Hartono sebagai kandidat gubernur pada Pilkada Jakarta 2024.

"Pak Heru masuk ke dalam tujuh kriteria yang diinginkan Demokrat," ungkap Mujiyono.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya