Kepercayaan Publik Terus Merosot, Eks Jubir Tanya KPK: Apa Ada Kendala?

Anggota Komisi III DPR RI, Johan Budi
Sumber :
  • DPR RI

Jakarta – Komisi III DPR RI mempertanyakan kendala yang dihadapi pimpinan dan pegawai KPK terkait merosotnya kepercayaan publik terhadap lembaga antirasuah.

KPK Ultimatum Anak Buah Hasto Bicara Sesuai Fakta

Hal itu ditanyakan Anggota Komisi III DPR RI Johan Budi dalam Rapat Kerja bersama KPK di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, 1 Juli 2024. 

"Terakhir, ada survei yang dilakukan oleh media yang tempatkan KPK kedelapan, jauh di bawah Polri, Kejaksaan bahkan DPR lebih baik dibanding KPK. Ini survei ya, tentu persepsi. Ini yang ada di persepsi publik," kata Johan Budi.

Meningkat! KPK Sebut Kerugian Negara Bansos Presiden Tahun 2020 jadi Rp 250 Miliar

Anggota Komisi III DPR RI, Johan Budi SP

Photo :
  • DPR RI

Politikus PDIP ini juga mempertanyakan apakah terdapat kendala internal di KPK atau masalah koordinasi antara lembaga antirasuah dengan penegak hukum lainnya. 

Jalani Operasi, DPR: Prabowo Beri Contoh Biar Masyarakat Berobat di RS Dalam Negeri

“Mungkin sekarang waktu yang tepat menurut saya, karena sebentar lagi kalau gak salah bapak-bapak Pimpinan KPK ini juga sudah purnatugas, dan dengan DPR RI periode 2019-2024, ini rapat yang terakhir juga,” kata Johan Budi. 

Mantan Jubir KPK itu menegaskan pentingnya keterbukaan dari lembaga antikorupsi kepada mitra kerja di DPR RI mengenai kendala-kendala yang dihadapi dalam menjalankan fungsinya, baik itu dalam bidang penindakan, monitoring, supervisi, koordinasi, serta pendidikan dan pelayanan masyarakat.

“Mungkin ada hal-hal yang sangat krusial baik itu penanganan perkara, baik itu fungsi supervisi, bagaimana hubungan KPK dengan Polri, Kejagung, KPK dengan pihak lain misalnya BPKP, BPK, apakah ada kendala-kendala? Termasuk juga menurun persepsi publik kepada KPK," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya