PDIP Yakin Menang di Pilgub Jateng Meski Efek Jokowi Kuat

Hasto Kristiyanto saat diperiksa KPK Terkait Harun Masiku
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDIP, Hasto Kristiyanto yakin partainya bisa memenangkan suara di Pilgub Jawa Tengah (Jateng) meski efek Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih kuat di wilayah tersebut.

Luhut Bantah PKS: Jangan Asal Ngomong, Pak Jokowi Tidak Pernah Campur-campur Seperti Itu

"Kekuatan partai, bukan kekuatan orang perorang, dan dengan kekuatan kolektif tersebut PDI Perjuangan menyongsong pilkada dengan optimis," ujar Hasto dikutip pada Senin, 1 Juli 2024.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto saat diperiksa KPK Terkait Harun Masiku

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Meski Elektabilitas Kaesang Tertinggi tapi PDIP Tetap Usung Kadernya Karena Jateng Basis Partai

Ia mengaku PDIP memiliki sejumlah pengalaman memenangkan Pileg 2024 meski banyak dugaan intervensi kekuasaan. Maka, Hasto yakin PDIP tetap akan menang di Jawa Tengah.

"Karena di dalam pemilu legislatif saja ketika PDI Perjuangan menghadapi berbagai intervensi-intervensi kekuasaan, berbagai intimidasi PDIP masih dipercayai rakyat menjadi pemenang pemilu legislatif," ujar dia.

PDIP: Anies Banyak Disuarakan Akar Rumput untuk Pilkada Jakarta

Di sisi lain, Hasto menegaskan partainya bakal mendorong kader sendiri untuk sosok yang bakal diusung di Jawa Tengah dalam Pilkada 2024.

“Kemudian di Jawa Tengah sebagai basis PDI Perjuangan, tentunya kami dorong kader PDI Perjuangan. Ada nama-nama yang beredar seperti Pak Andika (mantan Panglima TNI) itu juga diusulkan di Jawa Tengah, Bung Hendi (mantan Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi), itu sebagai wali kota dua periode yang memiliki kualifikasi kepemimpinan juga nama yang masuk diusulkan di daerah,” katanya.

Apalagi, sosok Bambang ‘Pacul’ Wuryanto, yang memiliki grassroot kuat karena menjadi Ketua DPD PDIP Jawa Tengah. Nama-nama tadi, kata dia, nantinya bakal diputuskan oleh Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

"Ya Mas Bambang kan Ketua DPD, sehingga otomatis memiliki legitimasi yang kuat, serta pengakuan kepemimpinan yang mengakar di grassroots. Jadi nama-nama tersebut akan disaring dan diputuskan oleh Ibu Ketua Umum (Megawati Soekarnoputri),” ujarnya.

Meski demikian, Hasto mengingatkan, dalam Pilkada 2024 ini, PDIP membuka diri dan bekerja sama dengan semua partai politik.

“Contohnya di Bengkulu, untuk calon Gubernur dan Wakil Gubernur, kami bekerja dengan Partai Amanat Nasional. Di Lampung, kami baru melakukan komunikasi intens calon Gubernur nantinya dari Partai Gerindra, calon Wakil Gubernur dari PDI Perjuangan,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya