Survei LSI di Pilgub Jateng: Ahmad Luthfi 5,2 Persen dan Kaesang Pangarep 2,5 Persen

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi
Sumber :
  • tvOne/Tri Handoko

Jakarta - Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis hasil survei terkait peta politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Tengah 2024. Hasilnya, Kapolda Jateng, Irjen Ahmad Luthfi dan Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep berada di posisi teratas sebagai calon gubernur pilihan masyarakat.

Satgas Kerahkan 24.036 Personel untuk Pengamanan Pilkada Serentak Bali

Survei ini dilakukan kepada warga negara Indonesia di Provinsi Jawa Tengah yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah, dan memiliki telepon/telepon seluler. Ada sebanyak 1.200 responden dipilih melalui metode double sampling. 

Margin of error survei diperkirakan ± 2.8 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen, asumsi simple random sampling. Dalam hal ini, wawancara dengan responden dilakukan lewat telepon oleh pewawancara yang dilatih.

Hasto Pastikan PDIP Tak Khawatir Cawe-cawe Jokowi di Pilkada 2024

Berdasarkan top of mind calon gubernur, responden mengarah kepada beberapa calon teratas yakni  Irjen Ahmad Luthfi dan Kaesang Pangarep. Adapun, seandainya pemilihan langsung Gubernur Jawa tengah dilaksanakan sekarang, maka muncul nama Irjen Ahmad Luthfi pada posisi puncak.

"Pada simulasi top of mind, mayoritas belum menentukan pilihan. Sementara Irjen Ahmad Luthfi paling banyak disebut 5,2 persen, kemudian Kaesang Pangarep 2,5 persen," ujar Djayadi dalam data paparannya pada Minggu, 30 Juni 2024. 

Hasto Respons Isu Jokowi Tawarkan Nama Kaesang untuk Maju Pilkada DKI

Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep di Kantor Muhammadiyah DKI Jakarta, Jumat, 21 Juli 2024.

Photo :
  • ANTARA/Walda Marison

Selain Irjen Ahmad Luthfi dan Kaesang Pangarep yang berada di urutan teratas. Sudaryono menempati posisi ketiga sebesar 2,1 persen; 1,8 persen untuk Bambang Pacul; 1,7 persen untuk Dico Ganinduto, kemudian Taj Yasin Maimoen sebesar 1,5 persen.

Namun, untuk simulasi terbuka dengan menyajikan 21 nama bakal calon gubernur yang beredar di media dan masyarakat. Kaesang Pangarep berada di urutan pertama, disusul oleh nama Irjen Ahmad Luthfi dan Abdul Wachid.

Berikut hasil simulasi semi terbuka 21 nama:
1. Kaesang Pangarep: 15,9 persen
2. Irjen Ahmad Luthfi: 12,9 persen
3. Abdul Wachid: 7,8 persen
4. Raffi Ahmad: 6,8 persen
5. Bambang Wuryanto atau Bambang Pacul: 5,8 persen
6. Sudaryono: 4,7 persen
7. Hendar Prihadi: 4,7 persen
8. Dico Ganinduto: 3,5 persen
9. Achmad Husein: 3,4 persen 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya