Hasto Respons Isu Jokowi Tawarkan Nama Kaesang untuk Maju Pilkada DKI

Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rahmat Fatahillah Ilham

Jakarta - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) merespons kabar bahwa Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), menawarkan nama Kaesang Pangarep maju di Pilkada Jakarta 2024 untuk mendampingi Ridwan Kamil.

Hasto Bocorkan Usulan Calon PDIP di Pilkada Jakarta, Jatim, dan Jateng

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, tindakan Jokowi tersebut seperti proses replikasi tindakannya jelang Pilpres 2024 ketika anaknya, Gibran Rakabuming Raka maju sebagai cawapres Prabowo Subianto.

"Kami mendengar dari pers, kami mendengar dari tokoh-tokoh partai adanya upaya untuk melakukan suatu replikasi atas apa yang terjadi di dalam Pemilu Presiden 2024," kata Hasto kepada media dikutip Minggu, 30 Juni 2024.

Di Rakernas III ADKASI, Wamendagri Apresiasi Tingkat Partisipasi Pemilih pada Pemilu 2024

Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto usai diperiksa kasus korupsi Harun Masiku

Photo :
  • VIVA.co.id/Zendy Pradana

Hasto menyatakan bahwa PDIP merupakan partai yang dibangun dengan konsep ketahanan dan menyatu dengan rakyat. Sehingga partainya tidak ambil pusing atas hal tersebut. 

Zulhas Ungkap Dapat Ilmu Rahasia Elektoral dari Jokowi

"Partai ini dibangun dengan suatu konsepsi ketahanan yang menyatu dengan rakyat, tentang kepemimpinan strategis, ideologi dan pelembagaan partai serta relevansinya terhadap ketahanan partai," ujarnya. 

"Sehingga PDI Perjuangan ini partai yang tumbuh besar dalam ujian-ujian sejarah menghadapi berbagai gelombang-gelombang ujian," sambungnya.

Sebelumnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengungkap Presiden Jokowi telah menyodorkan nama putra bungsunya sekaligus Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep untuk mendampingi Ridwan Kamil dalam Pilkada Jakarta 2024.

"Kan sudah biasa cawe-cawe mulai dari presiden sampai nanti. Biasa, jadi enggak ada masalah, biar saja," kata Sekretaris Jenderal PKS Habib Aboe Bakar Al Habsyi, merespons isu cawe-cawe Jokowi dalam Pilkada 2024, kepada wartawan di Jakarta, Kamis, 27 Juni 2024.

Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep di Gedung Dakwah Muhammadiyah DKI Jakarta, Jumat, 21 Juni 2024

Photo :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Habib Aboe kemudian mengungkit nama Kaesang. Dia menyebut Jokowi telah menyodorkan nama Kaesang untuk maju mendampingi Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta. "Sudah, sudah menyodorkan. Kita lihat saja," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya