Pengamat Ungkap Prabowo Effect di Pilgub Jateng, Ini Calon yang Bakal Dapat Berkahnya 

Prabowo Subianto
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Sejumlah nama mengemuka sebagai bakal calon pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah yang akan digelar di Pilkada serentak bulan November 2024 mendatang. Mereka berebut simpati warga Jateng dan restu partai polisi agar diusung di pilkada mendatang. 

Sekjen PKS Klaim Jokowi Sodorkan Kaesang untuk Pilkada Jakarta, Zulhas Tanya "Kapan Ketemunya?"

Menariknya, dari 4 Pilgub di Pulau Jawa yang digelar serentak pada November mendatang, hanya Jawa Tengah yang tak memiliki calon petahana, selepas Ganjar Pranowo yang sudah dua periode menjabat. Nama-nama baru pun mencuat untuk kandidat Jateng 1. 

Di luar itu, meskipun Jawa Tengah dikenal sebagai 'Kandang Banteng', konstelasi politik di Pilkada Jateng pasca Pilpres 2024 menarik diamati, karena figur Prabowo Subianto, Presiden terpilih sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra

Ahmad Ali Tegaskan Tetap Maju Jadi Cagub Sulteng Meski Tak Didukung Nasdem

Faktanya, Prabowo yang berpasangan dengan Gibran Rakabuming Raka berhasil unggul telak atas dua rivalnya, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan di Jawa Tengah pada Pilpres 2024 lalu. Sehingga faktor Prabowo 'effect' di Pilgub Jateng menjadi variabel penting.

Prabowo Subianto dan Ketua DPD Gerindra Jawa Tengah Sudaryono

Photo :
  • Istimewa
PAN Serahkan SK Dukungan ke-8 Paslon Cagub-Cawagub di Pilkada 2024

Pengamat politik dari Universitas Indonesia (UI) Cecep Hidayat menilai Prabowo effect bakal sangat menentukan konstelasi politik di Pilgub Jateng 2024. Prabowo memiliki popularitas, basis pendukung yang loyal dan juga mesin partai politik.

Prabowo effect merujuk pada pengaruh kuat dari Prabowo sebagai Presiden RI sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra. Dengan kapasitas tersebut, Prabowo  memiliki akses sumber daya politik dan pemerintahan. 

Maka, political appointment Prabowo adalah dengan menempatkan orang-orangnya di jabatan strategis, yang sesuai dengan visi-misinya untuk mengeksekusi program dan kebijakan untuk meningkatkan popularitasnya.
 
"Lalu siapa kandidat yang dapat efeknya?" kata Cecep Hidayat kepada VIVA, Sabtu, 29 Juni 2024.

Sejauh ini, sejumlah DPC Gerindra Jateng bulat menyatakan dukungannya kepada Sudaryono yang notabene adalah Ketua DPD Gerindra Jateng, untuk dicalonkan sebagai cagub Jateng.    

Menurut Cecep, Prabowo sebagai Ketum Gerindra tentu berkepentingan untuk mengusung kadernya sendiri di Pilgub Jateng. Ditambah lagi, sosok Sudaryono adalah mantan Aspri Prabowo. 

"Keinginan kuat Gerindra mereka ingin mendukung Sudaryono, Ketua DPD Gerindra Jateng (sebagai cagub). Apalagi Sudaryono ini kan kandidat kuat yang bisa mendapat dukungan kuat dari Prabowo," ujarnya

Bila mesin politik Gerindra ini berjalan, maka kata Cecep, bukan tidak mungkin Gerindra akan mencalonkan Sudaryono sebagai Cagub Jateng, bersanding dengan nama lain sebagai cawagub yang diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM).  

Ia meyakini Prabowo effect akan memberikan efek siginifikan bagi Gerindra dan calon yang diusung di Pilkada 2024. "Dukungan prabowo diharapkan mendukung elektabilitas calon, kalau nanti diberikan ke Sudaryono," ungkapnya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya