Tokoh Muhammadiyah Ungkap Alasan Irman Gusman Layak Jadi Senator dari Sumbar

Mantan Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Irman Gusman
Sumber :
  • DPD RI

Jakarta - Ketua PP Muhammadiyah, Anwar Abbas menilai Irman Gusman masih mumpuni untuk menjadi Anggota DPD RI kembali mewakili seluruh masyarakat Sumatera Barat. Sebab, Irman merupakan tokoh yang memiliki kemampuan melobi yang baik, jaringannya pun luas baik tingkat pusat maupun internasional.

Muhammadiyah Belum Putuskan Soal Konsesi Tambang, Pendapat Pribadi Tidak Wakili Organisasi

Hal ini disampaikan menanggapi keputusan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sumatera Barat yang merekomendasikan agar memilih Irman Gusman, dalam pemungutan suara ulang (PSU) pada Pemilu DPD RI daerah pemilihan (dapil) Sumatera Barat.

"Pak Irman, saya kira sosok yang pas. Kalau calon lain tidak begitu nampak,” kata Buya Anwar pada Jumat, 28 Juni 2024.

Standup Komedi, Majelis Lingkungan Hidup Muhammadiyah dan Kementerian LHK Bawa Pesan Lingkungan

Waketum MUI sekaligus Ketua PP Muhammadiyah Anwar Abbas

Photo :
  • VIVA/Yeni Lestari

Selain itu, Buya Anwar juga melihat Irman Gusman memiliki pengalaman sebagai Senator. Karena, kata dia, Irman pernah menjadi Ketua DPD RI periode 2009-2016 dan posisi strategis lainnya.

Ulil Abshar: NU Di-bully usai Terima Jatah Kelola Tambang dari Jokowi

“Masyarakat Sumbar perlu tokoh di level atau pentas nasional bukan hanya berdampak pada kehidupan berbangsa dan bernegara, tapi juga bagi daerah pemilihannya,” ujarnya.

Kata Buya Anwar, jika Irman Gusman bisa kembali ke DPD RI dianggap mampu melakukan komunikasi intensif dengan masyarakat Sumatera Barat. Dengan komunikasi intensif dan interaksi langsung itu, lanjut dia, akan dapat mempertahankan dukungan politik kepada Irman sebagai Datuak Rajo Nan Labiah dan Tuanku Besar Palinduang Alam.

“Irman dinilai sebagai tokoh yang pandai membangun jaringan dan komunikasi. Irman memiliki banyak kelebihan yang membuatnya ditokohkan dalam masyarakat Sumbar,” jelas dia.

Bahkan, Buya Anwar mengusulkan diadakan jajak pendapat dengan melibatkan beberapa klaster peserta untuk memperkuat dukungan masyarakat kepada Irman Gusman maju sebagai calon Senator dari Sumatera Barat. Walaupun pendukung setia Irman masih banyak, tapi Muhammadiyah memiliki ribuan kader juga menyatakan dukungan yang sama.

Diketahui, PWM Sumatera Barat telah mengeluarkan rekomendasi agar Irman Gusman diperjuangkan dan dipilih oleh warga Muhammadiyah menjadi anggota DPD RI pada pemungutan suara ulang tanggal 13 Juli 2024. Surat bernomor 215/REK/II.0/D/2023 ini ditandatangani Wakil Ketua Ki Jal Atri Tandjung dan Sekretaris H. Apris.

Wakil Ketua PWM Sumatera Barat, Yosmeri membenarkan pihaknya telah mengeluarkan rekomendasi yang ditujukan kepada pimpinan daerah, pimpinan cabang, pimpinan ranting, pimpinan ortom, hingga amal usaha Muhammadiyah dan Aisyah agar menyampaikan ke warga Muhammadiyah agar memilih Irman Gusman.


“Kami dari pimpinan wilayah menghimbau seluruh warga perserikan untuk memilih pak Irman yang direkomendasi oleh Muhammadiyah,” kata Yosmeri.

Dalam memberikan rekomendasi ini, menurut dia, ada sejumlah kriteria yang membuat Irman Gusman layak untuk direkomendasikan. Dijelaskannya, selain karena Irman merupakan kader biologis Muhammadiyah. “Orang tuanya Pak Irman adalah tokoh Muhammadiyah. Jadi istilahnya Muhammadiyahnya 24 karat,” ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya