Kaesang Sebut PKS Bohong soal Jokowi Sodorkan Namanya di Pilgub Jakarta

Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep di Gedung Dakwah Muhammadiyah DKI Jakarta, Jumat, 21 Juni 2024
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

VIVA – Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep buka suara soal pernyataan PKS yang mengaku Presiden Jokowi menyodorkan namanya di Pilgub Jakarta. Kaesang menegaskan pernyataan dari PKS tak sesuai fakta.

PKS Harap Anies Rangkul Nasdem, PKB, & PDIP Biar Dapat Golden Ticket ke Pilgub Jakarta

"Pak Sekjen PKS tidak bicara sesuai fakta. Pak Jokowi tidak pernah menawarkan nama saya ke partai-partai. Silakan cek, atau sebut partai mana yang pernah ditawari Pak Jokowi. Cara-cara seperti itu tidak baik dan ini merupakan kebohongan pada publik," ujar Kaesang dalam keterangannya, Jumat, 28 Juni 2024.

Kaesang menambahkan bahwa kewenangan mencalonkan itu berada di Ketua Umum Partai. Dengan adanya pernyataan tersebut, kata Kaesang, PKS kemungkinan akan menutup pintu koalisi dengan PSI.

PAN Sindir Keras Anies: Enggak Punya Partai Kok Nyalon? Kan Aneh!

"PSI kan punya kursi di Jakarta, lumayan ada 8 kursi. Banyak juga partai yang menyodor-nyodorkan jagoannya agar didukung PSI. Pernyataan Sekjen PKS mungkin hendak menutup pintu koalisi dengan PSI, ya nggak apa-apa juga," kata Kaesang.

Ia menegaskan bahwa Presiden Jokowi tak ada hubungannya dengan Pilkada Jakarta. Kaesang mengaku memiliki kewenangan penuh untuk menentukan calon yang akan diusung PSI di Pilkada.

PKS Sebut Jokowi Sodorkan Nama Kaesang Dampingi Ridwan Kamil Maju Pilkada Jakarta

"Sebagai Ketua Umum saya berwenang penuh menentukan siapa yang akan dicalonkan oleh PSI. Kewenangan itu semua ada di Ketua Umum kok, jadi kita tunggu saja. jangan bawa-bawa Presiden lah, yang Ketua Umum kan saya," kata Kaesang.

"Kompetisi Pilkada ini sebaiknya dijauhkan dari penyebaran berita bohong, itu merugikan masyarakat. Terlebih lagi akan merugikan pihak yang suka menyebar berita bohong seperti itu. Masyarakat kita sudah cerdas," imbuhnya.

Sebelumnya diberitakan, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengungkap Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menyodorkan nama putra bungsunya sekaligus Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep, untuk mendampingi Ridwan Kamil dalam Pilkada Jakarta 2024.

"Kan sudah biasa cawe-cawe mulai dari presiden sampai nanti. Biasa, jadi enggak ada masalah, biar saja," kata Sekretaris Jenderal PKS Habib Aboe Bakar Al Habsyi, merespons isu cawe-cawe Jokowi dalam Pilkada 2024, kepada wartawan di Jakarta, Kamis, 27 Juni 2024.

Habib Aboe kemudian mengungkit nama Kaesang. Dia menyebut Jokowi telah menyodorkan nama Kaesang untuk maju mendampingi Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta. "Sudah, sudah menyodorkan. Kita lihat saja," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya