PAN Tak Gentar Lawan Anies: Jangankan Jakarta, di Pilpres Saja Kita Menang!

Anies Baswedan saat sambangi markas DPW PKB DKI Jakarta
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Partai Amanat Nasional (PAN) mengaku percaya diri melawan Anies Baswedan jika benar maju di Pilgub Jakarta 2024. PAN mengungkit kekalahan Anies sebagai capres saat Pilpres 2024.

Gelar Rakernas, PAN Sekaligus Serahkan SK Usung Cagub-cawagub di Pilkada

"Ditanya apakah berani bersaing dengan Anies di DKJ (Daerah Khusus Jakarta) gitu? Jangankan di DKJ gitu, di Pilpres saja kita menang. Kan faktanya menang itu, apalagi di DKJ gitu," kata Ketua DPP PAN, Saleh Daulay di Kantor DPP PAN, Jakarta Selatan, Kamis, 27 Juni 2024.

Dia bilang tak ada masalah dengan Anies jika ingin maju di Pilgub Jakarta 2024. "Jadi, enggak ada masalah. Jadi, kan kalau memang masih mau maju ya silakan," lanjut Saleh.

Profil Sohibul Iman, Pasangan Anies Baswedan yang Diusung PKS untuk Pilgub Jakarta 2024

Kata dia, PAN, tetap mendorong kadernya Zita Anjani untuk maju Pilgub Jakarta. Menurut dia, setiap partai politik (parpol) pasti mengutamakan kader partainya untuk maju di Pilkada serentak 2024.

"Semua partai pasti akan mendorong partainya dulu dong, nanti disimulasikan dengan partai-partai lain kalau cocok baru digabungkan kan gitu. Ini masih proses simulasi, masih panjang," ujar Saleh. 

Diduetkan di Pilkada Jakarta, Anies dan Sohibul Iman Pernah Jadi Rektor Universitas Paramadina

Anggota DPR Saleh Partaonan Daulay.

Photo :
  • Dok. DPR.

Dia menyebut kader yang didorong PAN maju adalah Zita Anjani. "Yang jelas itu kami dorong Zita Anjani. Zita Anjani punya partai namanya PAN. PAN punya kewajiban mendorong kadernya untuk maju, dia boleh tanya kenapa Zita, karena Zita kader PAN," tutur Saleh.

Sebelumnya, Presiden PKS, Ahmad Syaikhu menyampaikan pihaknya memutuskan untuk mengusung pasangan Anies berduet dengan Sohibul Iman di Pilgub Jakarta 2024. 

Dia menjelaskan, keputusan itu diambil setelah mempertimbangkan masukan dari kader PKS di Jakarta.

“Pada rapat hari Kamis 20 Juni 2024 telah memutuskan, mengusung bapak Anies Rasyid Baswedan sebagai bakal calon gubernur dan bapak Muhammad Sohibul Iman sebagai bakal calon wakil gubernur, siap memperjuangkan memenangkannya," kata Syaikhu di kawasan Sudirman, Jakarta, Selasa, 25 Juni 2024.

Syaikhu mengatakan, keduanya punya rekam jejak selama berkarir di dunia politik. Dia pun mengintruksikan agar seluruh kader PKS bisa berjuang memenangkan pasangan tersebut. 

"Siap memenangkan pasangan Anies-Iman? Siap memenangkan pasangan AMAN? Amankan, menangkan, amankan Jakarta Aman, Jakarta menang," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya