Profil Sohibul Iman, Pasangan Anies Baswedan yang Diusung PKS untuk Pilgub Jakarta 2024

Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Sohibul Iman
Sumber :
  • Dok. PKS

Jakarta – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) telah resmi mengusung pasangan Anies Baswedan dan Mohamad Sohibul Iman sebagai calon gubernur dan wakil gubernur dalam kontestasi Pilkada Jakarta 2024.

Ketua Bawaslu Ungkap Sulitnya Berantas Politik Uang dalam Pilkada Seiring Tren Pelanggaran

Presiden PKS, Ahmad Syaikhu, mengumumkan keputusan ini dalam pidato pembukaan Sekolah Kepemimpinan Partai PKS pada tanggal 25 Juni 2024.

“Pada rapat hari Kamis 20 Juni 2024 telah memutuskan, mengusung bapak Anies Rasyid Baswedan sebagai bakal calon gubernur dan bapak Muhammad Sohibul Iman sebagai bakal calon wakil gubernur, siap memperjuangkan memenangkannya," kata Syaikhu di kawasan Sudirman, Jakarta, Selasa (25/6/24).

Diduetkan di Pilkada Jakarta, Anies dan Sohibul Iman Pernah Jadi Rektor Universitas Paramadina

Wakil Ketua Majelis Syura PKS Muhammad Sohibul Iman (tengah) bersama Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya (kanan) ketika memberi keterangan kepada wartawan di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Jumat, 3 Februari 2023.

Photo :
  • ANTARA/Putu Indah Savitri

Sama seperti Anies Baswedan, Sohibul Iman juga telah lama berkecimpung di dunia politik. Awalnya ia merupakan akademisi di universitas, namun kemudian memilih karier sebagai politisi Indonesia. Berikut profil lengkapnya!

DPTP PKS Keluarkan Surat Rekomendasi, Atang Siap Maju Wali Kota Bogor

Sohibul Iman lahir di Tasikmalaya pada tanggal 5 Oktober 1965. Sohibul sempat berkuliah di Institut Pertanian Bogor (IPB) untuk tiga semester sebelum menerima beasiswa dari Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (BAKOSURTANAL) dan pindah ke Universitas Waseda, Jepang, di mana ia memperoleh gelar Sarjana Teknik pada tahun 1992.

Sohibul kemudian mendapatkan gelar Magister Teknik dari Takushoku University tahun 1994 dan melanjutkan kuliah S3 dengan gelar PhD dari Sekolah Pascasarjana Pengetahuan Sains di Japan Advanced Institute of Science and Technology (JAIST) tahun 2004.

Selama mengenyam pendidikan, Sohibul terlibat dalam beberapa organisasi, seperti ISTECS (Institute for Science and Technology Studies), YPNF (Yayasan Pendidikan Nurul Fikri), HSF (Hokuriku Scientific Forum), MITI (Masyarakat Ilmuwan dan Teknologi Indonesia), YIT (Yayasan Inovasi Teknologi) dan lainnya.

Setelah pulang dari Jepang, awal karier Sohibul dimulai pada bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). Ia ditugaskan sebagai Peneliti di BAKOSURTANAL dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) selama 11 tahun sejak tahun 1994-2005. Setelahnya, Sohibul berkarier sebagai Rektor di Universitas Paramadina. Ia bertugas sejak 6 Januari 2006 hingga 15 Mei 2007. 

Awal karier Sohibul di dunia politik berawal menjadi anggota DPR RI dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk periode 2009-2014. Ia terpilih dari Dapil DKI Jakarta II dan kemudian dari Dapil Jawa Barat XI untuk periode 2014-2019. Selama masa jabatannya, Sohibul Iman menjabat sebagai Wakil Ketua DPR RI periode 2013-2014 dan bertugas di Komisi XI yang membidangi keuangan, perencanaan pembangunan, dan perbankan.

Sohibul juga pernah menjadi Wakil Ketua Komisi X DPR RI yang membidangi pendidikan, kebudayaan, pemuda, dan olahraga, ekonomi kreatif, serta pariwisata. Kini, Sohibul lebih banyak bekerja di PKS sebagai Wakil Ketua Majelis Syuro PKS sejak tahun 2020 hingga sekarang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya