PKS Deklarasi Duet Anies-Sohibul Iman, Elite Gerindra Bilang "Hampir Pasti Kalah"

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman
Sumber :
  • tvOne/Syiva Aulia

Jakarta - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman menganggap keputusan Partai Keadilan Sejahtera mengusung pasangan Anies Baswedan dan Sohibul Iman sebagai bakal calon gubernur dan wakil gubernur untuk Pemilihan Kepala Daerah Jakarta 2024 masih belum pasti.

Ingatkan PKS Sudah Jabat Ketua DPRD DKI, PKB Keberatan Duet Anies-Sohibul Iman

Menurutnya, deklarasi yang dilakukan PKS untuk mengusung Anies dan Sohibul belum memenuhi syarat untuk pencalonan karena sangat jarang partai yang bisa mencalonkan kandidatnya secara mandiri.

"Segala kemungkinan dan kejutan akan terjadi," kata Habiburokhman di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu, 26 Juni 2024.

Penampilan Happy Asmara Saat Akad Nikah Curi Perhatian, Warganet Ramai-ramai Ungkap Hal Ini

Eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Selain itu, dia mengatakan sebuah partai politik hampir pasti akan kalah jika mengusung calonnya sendiri tanpa sokongan koalisi dengan partai lain.

Musda XVII HIPMI Jabar, Radityo Egi Pratama Terpilih sebagai Ketua Umum

Dalam dunia politik, katanya, kerja sama atau koalisi antarpartai politik merupakan keniscayaan. "Hampir pasti kalah kalau hanya gara-gara dia memenuhi kuota, dia maju sendiri," kata Wakil Ketua Komisi III DPR RI tersebut.

Untuk Pilkada 2024, menurutnya, Gerindra masih berupaya membuka komunikasi semaksimal mungkin dengan partai lain sehingga potensi Gerindra untuk mendukung PKS maupun partai lain pada pilkada masih sangat terbuka.

"Namanya politik ini harus bekerja sama, jadi harus mau. Di Jakarta, Jawa Barat, Partai Gerindra belum bisa memutuskan, tergantung komunikasi lintas partai," kata dia.

Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Sohibul Iman pada pertemuan halal bi halal sekaligus tasyakuran.

Photo :
  • Reza Fajri

PKS memutuskan mengusung pasangan Anies Baswedan sebagai bakal calon gubernur dan Mohamad Sohibul Iman sebagai bakal calon wakil gubernur pada Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta tahun 2024.

"Maka Dewan Pimpinan Tingkat Pusat (DPTP) PKS pada rapatnya di hari Kamis, 20 Juni 2024 telah memutuskan mengusung Bapak Anies Rasyid Baswedan sebagai bakal calon gubernur dan Bapak Mohamad Sohibul Iman sebagai bakal calon wakil gubernur pada Pilkada DKI Jakarta tahun 2024," kata Presiden PKS Ahmad Syaikhu saat pembukaan Sekolah Kepemimpinan Partai DPP PKS, Jakarta, Selasa.

Dia mengatakan struktur DPW PKS DKI Jakarta telah mengusulkan beberapa nama bakal calon gubernur DKI Jakarta ke DPP PKS, termasuk di antaranya Anies Baswedan dan Mohamad Sohibul Iman. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya