Ingatkan PKS Sudah Jabat Ketua DPRD DKI, PKB Keberatan Duet Anies-Sohibul Iman

Ketua DPW PKB DKI Jakarta, Hasbiallah Ilyas (dua dari kanan)
Sumber :
  • Antara

Jakarta - Ketua Dewan Pimpinan Wilayah PKB DKI Jakarta Hasbiallah Ilyas menyatakan partainya istikamah mengusung Anies Baswedan sebagai calon gubernur Jakarta pada Pilkada 2024 meski PKS telah mengajukan duet Anies dengan sang Wakil Ketua Majelis Syuro Mohamad Sohibul Iman sebagai calon wakil gubernur.

Kata KPK soal Hasto Dkk Bakal Dijerat Pasal Perintangan Penyidikan Kasus Harun Masiku

“Iya, silakan saja PKS usulkan. Itu hak PKS. Nanti kami akan rembuk bareng. Kami istikamah usung Anies. Soal cawagub, kami juga akan komunikasi dengan PDIP. Bisa Anies-Prasetio Edi Marsudi, Ketua DPRD DKI Jakarta, Kaesang Pangarep, dan Pj Heru Budi Hartono,” kata Hasbi dalam keterangannya, Kamis, 27 Juni 2024.

Ia mengaku, partai manapun boleh mendorong kadernya sebagai cagub atau cawagub Jakarta. Tetapi, dalam koalisi harus ada pembahasan untuk menentukan pendamping Anies.

Marshel Widianto Terjun ke Politik, Tretan Muslim Anggap Cuma Prank

Anies Baswedan Sambangi Markas DPW PKB DKI Jakarta

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

“PKS, kan, sudah Ketua DPRD DKI. Masa mau ambil cawagub juga. Saya nilai Anies-Pras ideal. Sama-sama sangat paham Jakarta. Tentu, sebagai koalisi tidak bisa putuskan sepihak. Kami akan komunikasi dengan PDIP dan partai lain,” kata Hasbi.

Klinik DPRD Banten Dipersoalkan, Terkait Ketiadaan Tenaga Apoteker

Chemistry antara Anies-Pras sudah terbangun sejak Anies jadi gubernur Jakarta dan Pras Ketua DPRD DKI. Ini komplet,” ujarnya. 

Ketua Fraksi PKB DPRD DKI itu menegaskan, semua keputusan belum final dan masih bisa berubah. Dia berharap komunikasi antarpartai bisa terbangun lebih cepat agar posisi cawagub bisa mengerucut. 

Presiden PKS Ahmad Syaikhu, dalam konferensi pers di Jakarta, 25 Juni, memgumumkan partainya telah memutuskan untuk mengusung pasangan Anies Baswedan dengan Sohibul Iman di Pilkada Jakarta 2024. Keputusan itu diambil setelah mempertimbangkan masukan dari kader PKS di DKI Jakarta.

Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Sohibul Iman

Photo :
  • Dok. PKS

“Pada rapat hari Kamis, 20 Juni 2024, telah memutuskan, mengusung Bapak Anies Rasyid Baswedan sebagai bakal calon gubernur dan Bapak Muhammad Sohibul Iman sebagai bakal calon wakil gubernur, siap memperjuangkan memenangkannya," kata Syaikhu.

Menurut Syaikhu, keduanya memiliki rekam jejak yang baik selama berkarier di dunia politik. Dia menginstruksikan seluruh kader PKS untuk berjuang memenangkan pasangan tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya