Soal Prabowo Duduk Sejajar Jokowi di Sidang Kabinet, Begini Analisa Pengamat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat, 21 Juni 2024
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Jakarta – Menteri Pertahanan yang juga presiden terpilih, Prabowo Subianto mendapat perlakuan istimewa dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi dalam sidang kabinet paripurna, di Istana Negara, Jakarta, Senin, 24 Juni 2024. Dalam sidang kabinet tersebut, Prabowo Subianto duduk di samping Presiden Jokowi. 

Jokowi Instruksikan Revisi Aturan Impor, Asosiasi Lega Bakal Bantu Industri Nasional

Pengamat politik sekaligus Direktur Eksekutif Survei dan Polling Indonesia Igor Dirgantara mengatakan perlakuan istimewa Jokowi ke Prabowo yang ditampilkan ke publik merupakan wujud sinkronisasi kepemimpinan untuk keberlanjutan pemerintahan ke depan. 

“Itu menunjukan bahwa komitmen kuat Pak Prabowo ketika menggantikan Pak Jokowi di Oktober 2024 nanti akan tegas melanjutkan program-program dari pemerintahan Pak Jokowi,” kata Igor, Rabu, 26 Juni 2024.

Rumah Pensiun Jokowi di Colomadu Segera Dibangun, Alat Berat Disiapkan-Lahan Dipagari

Pengamat politik Igor Dirgantara

Photo :
  • Dok.Istimewa

Sejak diumumkan sebagai presiden terpilih di Pilpres 2024 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jokowi sudah melakukan sinkronisasi kepemimpinan. Salah satunya, dengan memperkenalkan Prabowo sebagai presiden terpilih Indonesia di hadapan delegasi KTT World Water Forum ke-10 di Bali bulan lalu. 

Indef Beberkan Sederet Masalah Ekonomi Era Jokowi yang Diwariskan ke Pemerintahan Prabowo

Selain itu, Prabowo juga mendapatkan penugasan untuk hadir di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) terkait Gaza untuk merespons isu geopolitik internasional. 

Di dalam negeri, lanjut Igor, Prabowo menjadi pengarah dalam koalisi pemerintahan ke depan, apalagi koalisi Indonesia maju (KIM) makin mesra. Untuk itu, program-program yang akan dieksekusi ke depan pasca pelantikan pada Oktober 2024 nanti adalah keberlanjutan, baik itu makan siang bergizi, pembangunan ibu kota Nusantara (IKN) hingga hilirisasi.

“Arah koalisi Indonesia maju dari pemerintahan Prabowo-Gibran sangat ditentukan oleh kepemimpinan dari Menhan Prabowo pasca pelantikan nanti gitu. Jadi seperti makan siang bergizi, IKN, hilirisasi itu membutuhkan persatuan dan rekonsiliasi elit dan itu ditunjukkan dengan kebesaran hati Pak Prabowo dengan Pak Jokowi,” ucapnya.

Dijelaskan Igor, posisi Prabowo sangat tepat buat pembangunan bangsa ke depan di mana Prabowo akan menjadi jalan tengah bagi semua pihak, baik itu antara Jokowi dan PDIP, Jokowi-Megawati hingga mengakhiri perpecahan cebong kampret atau cebong kadrun. 

“Pak Prabowo itu jalan tengah cebong-kampret, cebong dan kadrun tapi juga jalan tengah dari sebelum pilpres, jadi ini yang menarik. Jadi Pak Prabowo ini jalan tengah untuk menjembatani semua pihak, jadi waktu pilpres kadrun ke Anies, cebong ke Ganjar dan Prabowo jalan tengah sehingga dia terpilih dengan suara yang besar,” jelasnya.

“Pasca pilpres beliau itu jalan tengah dari rekonsiliasi elit antara Pak Jokowi di satu sisi, di mana PDIP selalu menyuarakan pengkhianatan Jokowi ke PDIP dan Pak Prabowo itu punya hubungan baik dengan PDIP lewat Megawati,” sambungnya.

Terkait dengan isu keretakan Prabowo-Jokowi pasca pilpres, Igor memastikan hal tersebut tidak akan terjadi karena di awal, Prabowo sudah menyatakan komitmennya untuk melanjutkan program pemerintahan Jokowi. 

Prabowo, kata Igor, memiliki sikap prajurit patriotik yang memegang teguh komitmennya. Maka, antara Jokowi dan Prabowo tidak akan dipisahkan, sebab keduanya membawa spirit untuk mewujudkan Indonesia Maju. 

“Spirit Pak Prabowo itu keberlanjutan dari Pak Jokowi dan itu yang harus diterima oleh misalnya ketika PDIP menjadi oposisi, sudah jelas posisi Pak Prabowo adalah di pemerintahan dan pemerintahan ini adalah melanjutkan program-program Jokowi,” tambahnya.

Oleh sebab itu, Igor meyakini bahwa pengarahan isu agar Prabowo dan Jokowi retak tidak akan terjadi karena sifat keprajuritan Prabowo Subianto sangat kuat hingga sulit untuk meninggalkan orang-orang didekatnya, khususnya yang ikut berjuang bersama dirinya di Pilpres 2024 kemarin.

“Gak akan terjadi Pak Prabowo meninggalkan Jokowi pasca pelantikan, jadi Pak Prabowo ini adalah salah satu sifat kenegarawannya adalah dia menghargai apa yang sudah diperjuangkan, baik itu relawan atau partai politik dan lain sebagainya,” ungkapnya.

Prabowo Subianto temani Jokowi bertemu dengan PM Singapura Lee Hsien Loong

Photo :
  • Instagram @jokowi

Igor pun mengutip pernyataan Prabowo yang sering disampaikan di setiap kegiatan-kegiatan resmi terkait dengan loyalitas dan kesetiaan membantu masyarakat yang tidak mampu. 

“Saya kutip pernyataan Pak Prabowo yang sangat klasik, 'bantulah banyak orang, kalau tidak bisa bantu banyak orang bantulah beberapa orang, dan kalau tidak bisa bantu beberapa orang bantulah satu orang, dan kalau kamu tidak bisa bantu satu orang jangan kamu bikin susah orang itu',” bebernya. 

“Jadi Pak Prabowo itu yang paling mengerti banyak orang dan itu beliau tidak bisa melupakan jasa orang,” tutup Igor.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya