Wakil Ketua MPR Sebut Gairah Swasembada Pangan Sudah Terasa Sambut Pemerintahan Prabowo

Sekjen Partai Gerindra, Ahmad Muzani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa, 25 Juni 2024
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Jakarta - Wakil Ketua MPR RI Ahmad Muzani mengatakan bahwa gairah swasembada pangan di tengah masyarakat sudah mulai terasa pada saat pemerintahan selanjutnya yang bakal dipimpin oleh presiden terpilih Prabowo Subianto dan Wakil Gibran Rakabuming Raka akan menggagas program swasembada pangan.
 
Di mana-mana, menurutnya masyarakat sudah mulai ingin beralih pekerjaan menjadi peternak susu, membuat ayam bertelor, menanam sayur, untuk menjadi pemasok demi memenuhi kebutuhan program tersebut.
 
"Orang ingin berpikir menjadi penyuplai bagi kebutuhan pangan untuk memenuhi kebutuhan pangan yang bergizi, dan di mana-mana orang-orang bergairah bertanya kapan ini program ini bisa dimulai? Ini berkah kekuasaan," kata Muzani saat Seminar Nasional Fraksi Partai Gerindra Komisi IV DPR RI di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa, 25 Juni 2024.

Gila, Lusinan Rudal Ukraina Hujani Pantai Krimea yang Penuh Turis Rusia

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka

Photo :
  • Dok.Istimewa

 
Sejauh ini, dia merasa bahwa Indonesia memiliki lahan pertanian yang luas serta memiliki para petani yang terampil. Namun, kata dia, problem swasembada pangan sejauh ini masih menjadi problem yang serius.

4 Bisnis Kaesang Ini Ternyata Sudah Gulung Tikar, Berikut Daftarnya

 
Untuk itu, menurutnya, gairah swasembada itu nantinya sangat diperlukan oleh pemerintah, terlebih lagi saat ini Kementerian Pertanian pun tengah menyiapkan ratusan ribu hektar lahan di Merauke, Papua Selatan, untuk menyangga kebutuhan pangan.
 
Menurutnya, devisa Indonesia sejauh ini banyak dihabiskan untuk mengimpor beras hingga energi. Maka jika sektor pangan bisa dipenuhi oleh produk dalam negeri, maka negara akan bisa menghemat devisa yang begitu besar.
 
"Negara yang mampu memenuhi kebutuhan pangan dan energi sendiri, dan itu yang ditekadkan oleh Pak Prabowo, bukan hanya militer yang kuat, tapi pangan juga jadi strategi pertahanan kita," ujar dia.

Drone Israel Jatuhkan Bom di Lebanon Selatan, Perang Dimulai

Pertanian/Ilustrasi.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

 
Dia pun menilai saat ini Prabowo sebagai presiden terpilih sudah memikirkan dan mempersiapkan diri untuk menjalankan program tersebut pada periode kepemimpinannya mendatang.

Dia juga berharap agar nantinya Andi Amran Sulaiman tetap kembali menjabat sebagai menteri pertanian ketika Prabowo menjabat sebagai presiden. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya