Heboh Deklarasi Ahmad Luthfi di Pilgub Jateng, Bawaslu Periksa Oknum Kades di Pati

Viral oknum kepala desa deklarasi Ahmad Luthfi cagub Jateng
Sumber :
  • IG @pati.24jam

VIVA – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Tengah mengusut viralnya video kepala desa (kades) di Kabupaten Pati yang melakukan deklarasi mendukung Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng.

PDIP Jelaskan Maksud Kans Anies-Ahok 0,00001% di Jakarta, Singgung Perubahan Aturan di MK

Humas Bawaslu Jateng, Sosiawan mengatakan pihaknya langsung memanggil pihak-pihak yang terlibat dalam deklarasi tersebut pada Senin, 24 Juni 2024. Termasuk Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) Pati dan kades yang ada di acara tersebut.

"Hari ini (red-Senin) Bawaslu Kabupaten Pati menjadwalkan meminta keterangan pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan tersebut. Yakni Dispermades Kabupaten Pati, kades yang memandu deklarasi pernyataan dukungan, organisasi atau asosiasi kades dan lainnya," kata Sosiawan 

Respons PKB Usai PKS Usung Duet Anies Baswedan - Sohibul Iman di Pilgub Jakarta

Ia menegaskan, ASN, TNI Polri, kepala desa dan perangkatnya untuk bersikap netral dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024). "ASN, TNI, Polri, Kades dan perangkat desa agar bersikap netral dalam Pemilihan kepala daerah 2024," tegas dia.

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi

Photo :
  • tvOne/Tri Handoko
Diajak PKS Dukung Anies-Sohibul, PDIP Tetap Ingin Usung Kader Internal di Pilkada Jakarta

Ia juga meminta masyarakat untuk ikut aktif mengawasi proses Pilkada 2024 di Jawa Tengah. "Kepada masyarakat diharapkan untuk berpartisipasi secara aktif dalam pengawasan pilkada 2024," kata Sosiawan.

Sementara itu, dalam video yang diunggah di instagram pati.24jam, terlihat ada sejumlah kades dengan baju dinasnya berada di sebuah ruangan. Mereka kemudian mendeklarasikan diri untuk mendukung calon Bupati Pati dan Ahmad Luthfi.

"Kami kepala desa se Kabupaten Pati dengan ini mendukung penuh kepada bapak Sadewa untuk menjadi Bupati Pati dan kepada bapak Ahmad Luthfi untuk menjadi Gubernur Jateng 2024 - 2029," ucap kepala desa tersebut.

Masuk Radar Golkar

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia mengatakan bahwa nama Ahmad Luthfi masuk dalam pembicaraan internal partai untuk diusung menjadi cagub Jateng.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya