PDIP Sudah Ketemu Cak Imin Bahas Pilgub Jakarta: PKB Insya Allah Anies Baswedan

Anies Baswedan saat dambangi markas DPW PKB DKI Jakarta
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta –  Elite PDI Perjuangan (PDIP) sudah melakukan pertemuan dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Pertemuan tersebut salah satunya membahas soal Pilkada 2024.

Eman Suherman Figur Paling Diharapkan Jadi Bupati Majalengka Periode Selanjutnya

Ketua DPP PDIP Said Abdullah mengatakan dirinya yang melakukan komunikasi dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin. Ia mengklaim PDIP melakukan komunikasi dengan semua parpol.

Said menjelaskan dalam pertemuannya dengan Cak Imin turut membahas pencalonan kepala daerah di sejumlah wilayah. Ia menyebut Jakarta tak jadi prioritas pembahasan dengan Cak Imin.

PDIP Bakal Tutup Bulan Bung Karno di GBK, Begini Rangkaian Acaranya

"DKI, Riau, Jawa Timur. Kan tidak mungkin ketemu dengan Ketua Umum PKB Gus Imin hanya bicara DKI, pasti banyak dong. Substansinya ketika di antara elite saling berkunjung itu menjadi pondasi setiap pertemuan," kata Said, Senin, 24 Juni 2024.

ketua DPP PDIP Said Abdullah dan Sekjen PAN Eddy Soeparno.

Photo :
  • ANTARA Foto
PDIP Jelaskan Maksud Kans Anies-Ahok 0,00001% di Jakarta, Singgung Perubahan Aturan di MK

Namun, Said mengatakan PKB kemungkinan besar akan tetap mengusung Anies Baswedan sebagai bakal cagub untuk Pilgub Jakarta.

"Kalau PKB insya Allah sepengetahuan saya kalau tidak keliru pendengaran saya, Insya Allah, Anies Rasyid Baswedan," kata dia.

Pun, Said menegaskan belum bisa dipastikan PDIP dan PKB akan berkoalisi dalam mengusung Anies Baswedan. Sebab, sampai saat ini belum ada kesepakatan melainkan hanya bertukar pandangan saja soal Pilkada tahun 2024.

"Belum tentu dengan PDIP, kan kami saling berbagi pandangan, bukan kami cari kesepakatan," ujarnya.

Sebelumnya, Dewan Pimpinan Wilayah PKB Jakarta resmi mendukung Anies Baswedan maju di Pilgub Jakarta 2024. Dukungan tersebut disampaikan melalui surat rekomendasi yang dibacakan pimpinan PKB Jakarta.

"Memutuskan Anies Baswedan jadi calon tunggal yaitu untuk mencalonkan di (periode) 2024-2029 Pilkada Gubernur Jakarta," kata Ketua DPW PKB Jakarta Hasbiallah Ilyas di kantor DPW PKB Jakarta, Pulo Gadung, Jakarta Timur, Rabu, 12 Juni 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya