PKS Usung Sohibul Iman di Pilkada Jakarta, Mardani Sebut Partainya Percaya dengan Kadernya

Mardani Ali Sera, Ketua DPP PKS dan Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.
Sumber :
  • Facebook.com/MardaniAliSera

Jakarta - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) secara resmi mengusung Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Mohamad Sohibul Iman sebagai bakal calon gubernur Daerah Khusus Jakarta. 

Pengamat Ungkap Prabowo Effect di Pilgub Jateng, Ini Calon yang Bakal Dapat Berkahnya 

Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera menegaskan partai yang baik adalah partai yang mengusung kadernya sendiri. Maka itu, keputusan ini akan membakar semangat para kader PKS.

"Partai yang baik percaya dengan kadernya; PKS partai kader. Karena itu wajar PKS mengajukan kadernya maju cagub," kata Mardani kepada wartawan, Senin, 24 Juni 2024.

Sekjen PKS Klaim Jokowi Sodorkan Kaesang untuk Pilkada Jakarta, Zulhas Tanya "Kapan Ketemunya?"

Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Sohibul Iman

Photo :
  • Dok. PKS

Namun, PKS masih membutuhkan empat kursi DPRD Jakarta untuk dapat memenuhi persyaratan mencalonkan Sohibul Iman sebagai cagub pada Pilkada Jakarta 2024.

PAN Serahkan SK Dukungan ke-8 Paslon Cagub-Cawagub di Pilkada 2024

Mardani mengakui untuk bisa memenangkan kontestasi Pilkada Jakarta tidak bisa mencalonkan seorang diri. PKS membutuhkan kerja sama dengan partai politik lain untuk bisa mengantarkan Sohibul Iman.

Kendati demikian, Mardani mengaku masih dalam tahap proses untuk pengusungan Sohibul Iman sebagai bakal cagub Jakarta, termasuk soal peluang PKS mendukung Anies Baswedan pada Pilkada Jakarta.

PKS, kata Mardani, telah membuat tim khusus untuk membangun komunikasi politik dengan partai lain pada Pilkada Serentak 2024. "Ada tim yang ditugaskan. Tapi tetap hubungan dengan semua pihak dijaga baik dan harmonis," jelasnya.

Warga DKI Jakarta Lakukan Pemungutan Suara Pilkada (foto ilustrasi)

Photo :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Juru Bicara PKS Ahmad Mabruri, pada Minggu, mengatakan bahwa DPP PKS mengajukan Wakil Ketua Majelis Syuro PKS, Mohamad Sohibul Iman sebagai bakal calon gubernur Daerah Khusus Jakarta.

“Sebagai Partai pemenang di Jakarta, PKS memutuskan akan memperjuangkan kader terbaiknya sebagai Calon Gubernur DKI Jakarta. Kandidat yang kami usung adalah Mohamad Sohibul Iman, yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Majelis Syuro PKS," ujar Mabruri dalam keterangannya.

Mabruri menambahkan bahwa Sohibul Iman merupakan figur yang memiliki integritas dan kapasitas yang mumpuni. Diketahui, Sohibul Iman pernah memimpin PKS pada periode 2015-2020.

Di bawah kepemimpinannya, PKS mengalami peningkatan suara dan kursi secara signifikan dari 8,46 juta suara (6,77 persen) di 2014 menjadi 11,49 juta suara (8,21 persen) di 2019, atau meningkat dari 40 kursi di 2014 menjadi 50 kursi di 2019. 

“Artinya beliau memiliki kepemimpinan yang teruji dalam membawa PKS naik kelas. Beliau juga memiliki jejak yang panjang di dunia politik. terpilih tiga kali menjadi Anggota DPR pada periode 2009-2014, periode 2014-2019, dan periode 2024-2029 dan sempat memimpin DPR RI sebagai Wakil Ketua DPR," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya