Ilham Habibie Juga Jajaki PKS dan PKB Buat Maju Pilgub Jawa Barat

Co-founder Orbit360 Ilham Akbar Habibie.
Sumber :
  • Dok. VIVA

Jakarta - Putra sulung Presiden RI ke-3 BJ Habibie, Ilham Akbar Habibie resmi diusung Partai Nasdem untuk maju di Pilgub Jawa Barat 2024. Selain ke Nasdem, Ilham mengaku dirinya juga menjajaki komunikasi dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Di Rakernas III ADKASI, Wamendagri Apresiasi Tingkat Partisipasi Pemilih pada Pemilu 2024

Penjajakn untuk membangun koalisi, harus dilakukan Ilham. Mengingat Nasdem di Jawa Barat belum mampu mengusung calonnya sendiri. Butuh dukungan dari partai politik lainnya.

Ilham Habibie di One on One tvOne

Photo :
  • Tangkapan Layar/ tvOne
Pengamat Ungkap Prabowo Effect di Pilgub Jateng, Ini Calon yang Bakal Dapat Berkahnya 

"Saya kira jaringan saya juga waktu itu mencoba ke PKS, mungkin juga ke PKB, selebihnya saya nggak begitu tahu, terus terang saja," kata Ilham Habibie dikutip dari tayangan One on One di tvOne, Jumat, 21 Juni 2024.

Ilham menjelaskan, Nasdem harus mencari partai koalisi untuk bisa mencalonkan dirinya di Pilkada Jawa Barat ini. Nasdem hanya punya 8 kursi di DPRD Jawa Barat. Dia pun mengungkap adanya kesepakatan antara Nasdem dan PKS. 

Sekjen PKS Klaim Jokowi Sodorkan Kaesang untuk Pilkada Jakarta, Zulhas Tanya "Kapan Ketemunya?"

"Begini, kalau kursi di DPRD satu, di Jawa Barat itu ada 120, peraturannya memerlukan 20?ri 120 sama dengan 24 kursi yang mendukung seorang calon atau pasangan calon. Nasdem mempunyai delapan jadi diperlukan 16 lagi," ucap dia.

"Jadi Nasdem sudah mempunyai satu kesepakatan dengan PKS tapi ini tentunya belum final, masih perlu adanya surat rekomendasi DPW PKS di Jabar, kemudian perlu ada surat rekomendasi dari DPP PKS Jakarta," sambungnya. 

Sebelumnya diberitakan, pada Kamis, 6 Juni, Partai Nasdem resmi mengusung Ilham Akbar Habibie untuk maju dalam Pilkada Jawa Barat pada Pilkada serentak tahun 2024. Surat rekomendasi dukungan Partai Nasdem diberikan langsung oleh Ketua Umum Partai Nasdrm Surya Paloh di DPP Nasdem, Jakarta.

"Bung ilham, hari ini DPP Partai Nasdem telah menetapkan arti kehadiran saudara sebagai calon gubernur atau wakil gubernur untuk Provinsi Jawa Barat pada Pilkada yang, insyaallah, akan berlangsung pada bulan November," ujar Surya Paloh kepada wartawan.

Paloh pun mengatakan bahwa setelah ini Partai Nasdem akan mendukung penuh Ilham Akbar di pencalonan gubernur Jawa Barat. Bahkan, Nasdem juga akan bekerja sama dengan partai politik lainnya dalam mengusung putra BJ Habibie.

"Kita semuanya mengharapkan dan mendoakan sekaligus dengan seluruh output kinerja yang dimiliki oleh keluarga besar Partai Nasdem," kata Paloh.

"Insya Allah, mudah-mudahan ini adalah merupakan sesuatu hal yang amat berarti bagi satu progres perjalanan pembangunan di wilayah Jawa Barat sebagai salah satu provinsi yang amat strategis," lanjutnya.

Dukungan ini, kata Paloh, diberikan bukan hanya sebatas kerja sama politik dalam pencalonan gubernur dengan Ilham Akbar. Ia menyebut bahwa Nasdem memiliki hubungan erat bak sahabat dengan Presiden Ketiga BJ Habibie.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya