Ilham Habibie Akui Ridwan Kamil Bakal Jadi Saingan Terberat jika Maju Pilgub Jabar

Ilham Habibie di One on One tvOne
Sumber :
  • Tangkapan Layar/ tvOne

Jakarta – Putra sulung Presiden RI ke-3 BJ Habibie, Ilham Akbar Habibie mengaku sosok Ridwan Kamil akan menjadi saingan terberatnya jika maju di Pilgub Jawa Barat (Jabar) 2024. Hal itu diungkapkan Ilham mengingat Ridwan Kamil merupakan mantan Gubernur Jabar.

PDIP Jelaskan Maksud Kans Anies-Ahok 0,00001% di Jakarta, Singgung Perubahan Aturan di MK

"Kalau menurut saya, kalau lihat dari segi survei juga, sebagai petahana tentu adalah Pak Ridwan Kamil," kata Ilham dalam tayangan One on One di tvOne, Jumat, 21 Juni 2024.

Ilham menyebutkan, beberapa lembaga survei menyatakan bahwa Ridwan Kamil memiliki elektabilitas yang tinggi. Maka dari itu, dia menilai politikus Golkar itu akan menjadi saingan terberatnya jika maju di Pilgub Jabar.

Respons PKB Usai PKS Usung Duet Anies Baswedan - Sohibul Iman di Pilgub Jakarta

"Kalau menurut saya secara logis ya karena petahana pertama, kedua karena ratingnya dari survei yang saya kenal, paling tinggi Ridwan Kamil," ujarnya.

Partai Nasdem resmi beri surat rekomendasi ke putra BJ Habibie.

Photo :
  • VIVA.co.id/Zendy Pradana
Sohibul Iman Siap Dampingi Anies di Pilgub Jakarta, Tak Takut Lawan Ridwan Kamil

Sementara itu, Ilham juga menyebutkan, sosok lain yang dinilai akan menjadi saingan berat jika nantinya Ridwan Kamil tak maju di Pilgub Jabar. Sosok yang dimaksud ialah Dedi Mulyadi.

Hal itu diungkapkan Ilham usai disodorkan sejumlah nama yang digadang-gadang akan menjadi calon lawannya yakni Desi Ratnasari, Bima Arya dan Dedi Mulyadi. "Ya kalau secara urutan ya Dedi Mulyadi," ujar Ilham.

Sebelumnya diberitakan, pada Kamis, 6 Juni, Partai Nasdem resmi mengusung Ilham Akbar Habibie untuk maju dalam Pilkada Jawa Barat pada Pilkada serentak tahun 2024. Surat rekomendasi dukungan Partai Nasdem diberikan langsung oleh Ketua Umum Partai Nasdrm Surya Paloh di DPP Nasdem, Jakarta.

"Bung ilham, hari ini DPP Partai Nasdem telah menetapkan arti kehadiran saudara sebagai calon gubernur atau wakil gubernur untuk Provinsi Jawa Barat pada Pilkada yang, insya Allah, akan berlangsung pada bulan November," ujar Surya Paloh kepada wartawan.

Paloh pun mengatakan bahwa setelah ini Partai Nasdem akan mendukung penuh Ilham Akbar di pencalonan gubernur Jawa Barat. Bahkan, Nasdem juga akan bekerja sama dengan partai politik lainnya dalam mengusung putra BJ Habibie.

"Kita semuanya mengharapkan dan mendoakan sekaligus dengan seluruh output kinerja yang dimiliki oleh keluarga besar Partai Nasdem," kata Paloh.

"Insya Allah, mudah-mudahan ini adalah merupakan sesuatu hal yang amat berarti bagi satu progres perjalanan pembangunan di wilayah Jawa Barat sebagai salah satu provinsi yang amat strategis," ujarnya.

Dukungan ini, kata Paloh, diberikan bukan hanya sebatas kerja sama politik dalam pencalonan gubernur dengan Ilham Akbar. Ia menyebut bahwa Nasdem memiliki hubungan erat bak sahabat dengan Presiden Ketiga BJ Habibie.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya