Ilham Habibie Ungkap Proses Diusung Partai Nasdem Maju Pilgub Jawa Barat

Ilham Habibie di One on One tvOne
Sumber :
  • Tangkapan Layar/ tvOne

Jakarta - Putra sulung Presiden RI ke-3 BJ Habibie, Ilham Akbar Habibie mengungkap proses politik yang dilaluinya hingga akhirnya diusung Partai Nasdem maju pada Pemilu Gubernur atau Pilgub Jawa Barat 2024. 

Di Rakernas III ADKASI, Wamendagri Apresiasi Tingkat Partisipasi Pemilih pada Pemilu 2024

Ilham awalnya mengaku meminta timnya untuk berkomunikasi dengan sejumlah partai politik, terkait peluang dirinya maju Pilgub. Saat itu, kata dia pilihannya ada dua yakni Jakarta dan Jawa Barat.

"Memang tim saya, mereka pernah saya minta untuk cari tahu bagaimana respons dari partai politik jika saya mau menempuh jalurnya untuk masuk ke pilgub. Waktu itu masih ada dua kemungkinan terus terang, bisa di DKI atau Jabar," kata Ilham dalam tayangan One on One di tvOne, Jumat, 21 Juni 2024.

Pengamat Ungkap Prabowo Effect di Pilgub Jateng, Ini Calon yang Bakal Dapat Berkahnya 

Dia menyebut, Partai Nasdem menjadi salah satu partai yang memberikan respons cepat. Nasdem kata dia antusias dengan keinginan Ilham untuk maju pada pilkada. Menurutnya Nasdem sangat cepat merespons hingga kemudian dia yang dipilih.

"Nah itu mereka telusuri ke jaringan mereka masing-masing rupanya respons dari Partai Nasdem itu luar biasa, luar biasa serius, cepat dan antusias," katanya.

Sekjen PKS Klaim Jokowi Sodorkan Kaesang untuk Pilkada Jakarta, Zulhas Tanya "Kapan Ketemunya?"

Dari proses tersebut, Ilham mengatakan hanya butuh waktu kurang dari dua minggu hingga akhirnya mendapatkan surat rekomendasi maju Pilgub Jawa Barat dari Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh.

"Jadi dalam waktu kurang dari 2 minggu, dari pertama kali ketemu Pak Saan Mustafa Ketua Nasdem di Jawa Barat, sampai dengan saya terima surat dari Ketua Umum Nasdem Pak Surya Paloh itu cepat sekali," kata dia.

"Kurang lebih dua minggu, saya nggak hafal, tapi saya kira kurang dari dua minggu," pungkas Ilham.

Sebelumnya diberitakan, pada Kamis, 6 Juni, Partai Nasdem resmi mengusung Ilham Akbar Habibie untuk maju dalam Pilkada Jawa Barat pada pilkada serentak tahun 2024. Surat rekomendasi dukungan Partai Nasdem diberikan langsung oleh Ketua Umum Partai Nasdrm Surya Paloh di DPP Nasdem, Jakarta.

"Bung Ilham, hari ini DPP Partai Nasdem telah menetapkan arti kehadiran saudara sebagai calon gubernur atau wakil gubernur untuk Provinsi Jawa Barat pada Pilkada yang, insyaallah, akan berlangsung pada bulan November," ujar Surya Paloh kepada wartawan.

Paloh pun mengatakan bahwa setelah ini Partai Nasdem akan mendukung penuh Ilham Akbar di pencalonan gubernur Jawa Barat. Bahkan, Nasdem juga akan bekerja sama dengan partai politik lainnya dalam mengusung putra BJ Habibie.

"Kita semuanya mengharapkan dan mendoakan sekaligus dengan seluruh output kinerja yang dimiliki oleh keluarga besar Partai Nasdem," kata Paloh.

"Insya Allah, mudah-mudahan ini adalah merupakan sesuatu hal yang amat berarti bagi satu progres perjalanan pembangunan di wilayah Jawa Barat sebagai salah satu provinsi yang amat strategis," lanjutnya.

Dukungan ini, kata Paloh, diberikan bukan hanya sebatas kerja sama politik dalam pencalonan gubernur dengan Ilham Akbar. Ia menyebut bahwa Nasdem memiliki hubungan erat bak sahabat dengan Presiden Ketiga BJ Habibie.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya