Maju di Pilkada, Kenapa Ilham Habibie Memilih Jawa Barat?

Ilham Habibie di One on One tvOne
Sumber :
  • Tangkapan Layar/ tvOne

Jakarta – Ilham Akbar Habibie, putra sulung Presiden RI ke-3 BJ Habibie, terjun ke politik dengan menjadi bakal calon gubernur atau cagub pada Pilgub Jawa Barat. Partai Nasdem sudah memberikan rekomendasi.

PDIP Jelaskan Maksud Kans Anies-Ahok 0,00001% di Jakarta, Singgung Perubahan Aturan di MK

Ilham mengakui, dirinya juga mempertimbangkan untuk maju di pilkada daerah lain seperti Jakarta. Namun akhirnya dia memutuskan untuk bersiap maju di Pilkada Jawa Barat.

“Secara pribadi pengalaman dan sejarah saya di Jawa Barat cukup lama dan mendalam. Saya tinggal di Bandung dengan KTP Bandung selama kurang lebih 13 tahun,” jelas Ilham dalam program One on One tvOne, Jumat 21 Juni 2024. 

Respons PKB Usai PKS Usung Duet Anies Baswedan - Sohibul Iman di Pilgub Jakarta

Ilham Habibie di One on One tvOne

Photo :
  • Tangkapan Layar/ tvOne

Ilham Habibie juga mengatakan, dia membangun karirnya di Jawa Barat. Bekerja di IPTN yang sekarang PT Dirgantara Indonesia, dan juga mengajar di ITB. Dengan begitu, dia mengaku punya jejak yang mendalam di wilayah Jawa Barat. Termasuk, jelas dia, perjalanan hidup orangtuanya.

Diajak PKS Dukung Anies-Sohibul, PDIP Tetap Ingin Usung Kader Internal di Pilkada Jakarta

Sebagai orang  yang lama menggeluti industri, Ilham menyebut potensi di Jawa Barat sangat besar. Bahkan dengan itu, bisa menampung banyak lapangan kerja yang dibutuhkan masyarakat saat ini. 

“Jabar itu provinsi dengan banyak industri. Lebih dari 50 persen di Indoeesia itu ada di Jawa Barat,” katanya.

Dengan potensi yang ada, menurutnya kalau dia bisa memimpin di Jawa Barat pada pilkada nanti maka yang akan didorong adalah ekonomi berbasis industri. Dengan mendorong ini, maka potensi lapangan kerja bisa tercipta lebih banyak.

“Jumlah lapangan pekerjaan yang secara massal bisa diadakan terutama di sektor industri dan itu banyak di Jawa Barat,” katanya.

Sementara untuk sumber daya manusia atau SDM, Ilham juga melihat Jawa Barat tersedia. Dengan adanya banyak lembaga pendidikan yang banyak dan berkualitas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya