Istana Respons Hasil Survei Tingkat Kepuasan Publik Terhadap Kinerja Pemerintahan Jokowi

Presiden Jokowi dan Wapres Maruf Amin di TMP Kalibata, Jakarta.
Sumber :
  • VIVAnews/Fikri Halim

Jakarta - Sebanyak 75,6 persen masyarakat mengaku puas dengan kinerja Presiden dan Wakil Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin berdasarkan survei terbaru Litbang Kompas. Lalu, Istana merespons positif hasil survei tersebut.

PKS Sebut Jokowi Sodorkan Nama Kaesang Dampingi Ridwan Kamil Maju Pilkada Jakarta

"Terima kasih atas kepercayaan, apresiasi dan dukungan yang diberikan berbagai elemen masyarakat kepada Presiden dan seluruh jajaran pemerintah. Hasil survei Litbang Kompas merupakan bukti apresiasi masyarakat atas kerja keras pemerintah," kata Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana dalam keterangan tertulis pada Jumat, 21 Juni 2024.

Presiden Jokowi dan Wapres Maruf Amin bersama para menteri Kabinet Indonesia Maju

Photo :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro
Jokowi Persilakan KPK Usut Tuntas Korupsi Bansos Presiden

Dia mengatakan, hasil survei Litbang Kompas itu tidak membuat pemerintah cepat berpuas diri. Dia menyebut, hasil survei itu justru kian mendorong pemerintah untuk terus bekerja sebaik mungkin.

"Justru, apresiasi yang makin positif itu dijadikan tambahan energi dan motivasi untuk terus menuntaskan agenda-agenda prioritas pembangunan dan memastikan kinerja pemerintah di semua sektor harus semakin baik," tutur dia.

Tentara hingga Tank Tak Berkutik, Panglima Militer Bolivia Gagal Lakukan Kudeta

Presiden Jokowi, kata dia juga terus berkomitmen bekerja keras dan berpihak pada kepentingan masyarakat serta nasional.

"Meski masa jabatan akan berakhir, Presiden Jokowi tetap berada di tengah-tengah masyarakat, untuk memastikan agenda-agenda prioritas berjalan dengan baik dan berdampak bagi peningkatan kualitas kehidupan masyarakat di seluruh pelosok Tanah Air," pungkas Ari.

Sebelumnya diberitakan, Litbang Kompas merilis hasil survei terhadap kepuasan kinerja Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Sebanyak 75,6 persen masyarakat merasa puas terhadap kinerja Jokowi-Ma'ruf Amin.

Dalam hasil survei, publik paling merasa puas dengan kinerja Jokowi pada periode kedua saat menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia.

Sementara itu, sebanyak 79,7 persen masyarakat menyatakan puas dengan kinerja Jokowi-Ma'ruf berdasarkan tingkatan sosial ekonomi. Dalam pembagiannya, 77 persen masyarakat menengah bawah, menengah atas 67,7 persen dan ekonomi atas 55,1 persen.

Sementara, kepuasan terhadap kinerja Jokowi-Ma'ruf pada level pendidikan tertinggi berada pada tingkat dasar. Pendidikan dasar sebanyak 81,9 persen masyarakat puas terhadap kinerja Jokowi-Ma'ruf, pendidikan menengah, 75,9 persen dan pendidikan tinggi, 54,3 persen.

Kemudian, publik yang menyatakan puas terhadap politik keamanan di era Jokowi Juni 2024 ada 85,5 persen, hukum 57,4 persen, ekonomi 65,1 persen dan kesejahteraan sosial 82 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya