PDIP Godok Nama Bacagub Sumut Pilihan, Ada Edy Rahmayadi hingga Eks Bupati Tapanuli Utara

Ilustrasi simbol bendera PDIP saat Peringatan puncak Bulan Bung Karno 2023 di GBK
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Medan – DPD PDI Perjuangan (PDIP) Sumatera Utara atau Sumut mengirimkan berkas pendaftaran dan persyaratan bakal calon Gubernur atau bacagub Sumut 2024 ke DPP PDIP. Beberapa figur bacagub Sumut jadi pilihan PDIP.

Tim Hukum PDIP Laporkan Penyidik KPK ke PN Jakarta Selatan, Jubir: Silahkan Bila Ada Keluhan

Wakil Ketua DPD PDIP Sumut, Aswan Jaya mengatakan ada empat berkas yang dikirim yaitu eks Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, mantan Bupati Tapanuli Utara (Taput) Nikson Nababan, Barry Simorangkir dan Abdul Aziz. Empat figur itu mendaftar ke DPD PDIP Sumut.

"Semua mendaftar kita kirim ke DPP PDIP. Pak Edy, Nikson Nababan pak Barry Simorangkir dan Abul Aziz. Mereka yang sudah mengembalikan formulir itu," kata Aswan.

Edy Rahmayadi Tak Ingin Ijeck jadi Cawagub: Ijeck Masih Muda, Bisa Jadi Menteri

Aswan menuturkan proses selanjutnya menunggu arahan dan petunjuk dari DPP PDIP terkait proses penjaringan bacagub dan bacawagub Sumut.  Ia bilang kemungkinan DPP PDIP akan langsung melakukan tes wawancara terhadap sejumlah figur bacagub Sumut.

"Karena mungkin DPP yang menginterview atau mewawancarai Calon-calon Gubernur Sumut," jelas Aswan.

Kans Kaesang Maju Pilgub Jakarta, Pakar: Ada Catatan Kalau Jokowi Bilang Gak Jadinya Iya

Edy Rahmayadi saat menyerahkan berkas pendaftaran Bacalon Gubernur Sumut 2024 ke DPD PDIP Sumut.(B.S.Putra/VIVA)

Photo :
  • VIVA.co.id/B.S. Putra (Medan)

Lebih lanjut, dia mengatakan PDIP Sumut belum ada menjadwalkan tahapan fit and proper test terhadap 4 figur bacagub Sumut tersebut.

"Sampai saat ini, DPD PDIP Sumut belum ada menjadwalkan tes wawancara itu. Kemungkinan besar, DPP PDIP melakukan hal itu," jelas Aswan.

Dalam dinamikanya, Gubernur Sumut periode 2018-2023, Edy Rahmayadi punya peluang besar diusung PDIP dalam pertarungan di Pilgub Sumut 2024. Figur Edy dinilai bisa melawan menantu Presiden RI, Joko Widodo, Bobby Nasution.

Adapun sejumlah partai seperti PAN, Gerindra, hingga Golkar sudah merekomendasikan dukungan untuk Bobby. 


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya