PPP, PBB dan PKN Koalisi Dukung Melkianus Mote di Pilkada Deiyai

PPP, PKB dan PKN usung Melkianus Mote di Pilkada Deiyai
Sumber :
  • Istimewa

Papua Tengah - Tiga partai pengusung yaitu PPP, PBB dan PKN sepakat membentuk koalisi dalam rangka memenangkan Bakal Calon Bupati Deiyai Melkianus Mote pada Pilkada November mendatang.

Kekurangan Bahan Bakar, Rumah Sakit Kamal Adwan di Gaza Utara Segera Berhenti Beroperasi

Ketiga partai ini pun sepakat memberi nama koalisinya 'Enaimo Ekowai' yang artinya 'Kerja Bersama atau Gotong Royong' sesuai dengan visi besar yang diusung Melki yaitu 'Enaimo Ekowai untuk Deiyai.'

Nama koalisi ini dibentuk bersamaan dengan momentum deklarasi yang dilakukan oleh tiga partai pendukung, bersama unsur relawan dan tokoh-tokoh masyarakat Deiyai di Sekretariat DPD PPP Provinsi Papua Tengah di Nabire pada Rabu, 19 Juni 2024.

Pengamat Ungkap Prabowo Effect di Pilgub Jateng, Ini Calon yang Bakal Dapat Berkahnya 

"Momentum deklarasi ini akhirnya juga menyepakati nama koalisinya adalah Enaimo Ekowai. Karena kami meyakini bahwa untuk memenangkan Pilkada Deiyai butuh kerja bersama, gotong royong, bahu-membahu, saling membantu. Demikian juga semangat untuk membangun Deiyai nantinya saat terpilih adalah kerja bersama, ya kolaborasi dari semua unsur yang ada di masyarakat. Itu semangat sekaligus harapan kami," ungkap Melkianus Mote kepada wartawan, Kamis, 20 Juni 2024.

PPP, PKB dan PKN usung Melkianus Mote di Pilkada Deiyai

Photo :
  • Istimewa
Sekjen PKS Klaim Jokowi Sodorkan Kaesang untuk Pilkada Jakarta, Zulhas Tanya "Kapan Ketemunya?"

Dia menambahkan pula apresiasinya pada tiga partai pengusung karena sudah memiliki kesamaan visi dalam perjuangannya ke depan. Utamanya lanjut Melki, koalisi ini bukan sekedar untuk memenuhi syarat pencalonan semata tetapi lebih dari itu untuk menjadi motor seluruh gerak pembangunan di Deiyai nantinya. 

"Dasar koalisi ini menurut saya sangat kuat dan visinya jangka panjang yaitu bagaimana kerja bersama selama 5 tahun memimpin Deiyai. Jadi bukan semata-mata syarat pencalonan. Karena partai-partai ini baik PPP, PBB maupun PKN punya sumber daya yang baik untuk juga diberikan pada masyarakat," jelas Melki.

Meski demikian, Melki tetap mengajak partai lain baik yang memiliki kursi maupun tidak agar ikut bergabung dalam Koalisi Enaimo Ekowai yang sudah dibentuk. 

"Tentu kami sangat terbuka jika ada partai lain mau bergabung. Apa pun partainya asal punya visi bersama membangun Deiyai ayo kita bersama di dalam koalisi ini," ucapnya.

Pria asal Kampung Yaba, Distrik Tigi tersebut optimis dengan kerja bersama yang dibangun, maka akan membawa kebaikan. Bagi Melki, semua unsur di masyarakat adalah penentu keberhasilan pembangunan suatu daerah baik partai politik, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda, tokoh perempuan dan berbagai stakeholder lainnya yang bersama dengan pemerintah daerah memastikan roda pemerintahan dan pembangunan bisa berjalan baik. 

"Jadi saya sangat optimis setelah koalisi ini terbentuk kami akan lebih fokus lagi menggalang dukungan masyarakat, menyampaikan program-program kerja kami. Biarkan energi positif ini terus tertular ke masyarakat sehingga dukungan kepada kami terus membesar untuk memenangkan Pilkada Deiyai nantinya," tegas Melki.

Pada kesempatan deklarasi ini hadir Ketua DPD PPP Provinsi Papua Tengah Freni Anouw, 

Ketua PBB Papua Tengah FX Magai dan Ketua Bapilu PKN Papua Tengah John Mote serta tiga ketua DPC masing-masing partai, para caleg terpilih dan ratusan masyarakat serta simpatisan.

Ketua DPD PPP Provinsi Papua Tengah Freni Anouw menegaskan bahwa deklarasi dukungan ini dilakukan paling awal untuk Pilkada tingkat kabupaten di provinsi Papua Tengah sebagai bukti bahwa pihaknya tidak bermain dua atau tiga kaki.

“Jadi kami tegas dan jelas. Kami deklarasi lebih awal supaya semua pihak melihat kami tidak bermain banyak, jadi sudah sah. Jangan jadi abu-abu, politik itu pilihan. Makanya kami deklarasikan Melkianus Mote jadi calon bupati Deiyai,” ujarnya.

Selain itu deklarasi koalisi dilakukan bertujuan untuk menyatukan kekuatan dalam menyongsong Pilkada 2024 dan memenangkan Melkianus Mote sebagai Bupati Deiyai periode 2024-2029.

Dia menegaskan bahwa deklarasi tersebut sah sebab DPP PPP telah resmi memberikan dukungan kepada Melkianus Mote sebagai calon bupati Deiyai.

“Kita buat deklarasi ini karena sudah sah. Jadi saya mengajak agar kita satukan barisan, pemilik negeri harus menjadi bupati Deiyai,” katanya.

Ilustrasi Pemilu 2024.

Photo :
  • VIVA

Hal senada juga dikatakan Ketua PBB Papua Tengah FX Magai dan Ketua Bapilu PKN Papua Tengah John Mote bahwa siap menangkan Melkianus Mote sebagai Bupati Deiyai.

FX Magai bahwa berujar pihaknya justru lebih duluan memasukkan berkas ke pengurus pusat dan direkomendasikan kepada Melkianus Mote sebagai calon bupati Deiyai.

“Malah kami PBB duluan kasih masuk dan langsung direstui,” ujar FX Magai.

Hal senada disampaikan Ketua Bapilu PKN Papua Tengah John Mote. "Dukungan untuk Pak Meki kami sudah bulat dari bawah sampai ke DPP," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya