Punya Strategi, Demokrat Tidak Takut Melawan Anies Baswedan di Pilgub Jakarta

Sekjen Partai Demokrat, Teuku Riefky Harsya dan Bendahara Umum Partai Demokrat, Renville Antonio
Sumber :
  • VIVA.co.id/Uki Rama (Malang)

Jakarta - Partai Demokrat memastikan tidak akan pernah takut untuk berhadapan dengan Anies Baswedan di Pilkada Jakarta. Partai pimpinan Ketua Umum Agus Harimurt Yudhoyono alias AHY itu, punya strategi untuk memenangkan kontestasi.

Pilgub Banten 2024: Andra Soni Deklarasi, Airin Rachmi Diany Belum Dapat Pasangan

Sekjen Partai Demokrat, Teuku Riefky Harsya mengatakan pihaknya tak gentar untuk melawan Anies Baswedan jika maju di Pilgub Jakarta 2024. Demokrat kata dia memiliki strategi untuk membungkam Anies.

"Kalau dari kami, Partai Demokrat kami tidak melihat seperti itu (takut melawan Anies di Pilkada Jakarta). Ya tentu kami mempunyai strategi masing-masing dalam kemenangan Pilkada," kata Riefky kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu, 19 Juni 2024.

Perindo Keluarkan 37 Surat Rekomendasi Buat Calon Kepala Daerah, Ini Daftar Wilayahnya

Meski begitu, Riefky mengatakan Demokrat belum menentukan siapa sosok yang akan diusung di Pilkada Jakarta 2024. Demokrat kata dia masih membuka ruang komunikasi dengan parpol lain terkait kandidat-kandidat yang berpotensi diusung.

"Kita juga dengan koalisi KIM tapi ada kita kita Partai Demokrat bersama dengan Partai Nasdem, PDIP, dan PKS tetapi memang ada pertemuan rutin anlintas partai untuk membicarakan mana daerah-daerah baik itu untuk pilgub maupun juga kabupaten/kota yang bisa kita selaraskan," jelas dia. 

Bawaslu Komunikasi dengan Polda Metro dan Pemda Soal Potensi Kerawanan Pilkada Jakarta

PKB Jakarta Usung Anies di Pilkada Jakarta

Sebelumnya diberitakan, Dewan Pimpinan Wilayah Partai Kebangkitan Bangsa (DPW PKB) DKI Jakarta resmi mendukung Anies Baswedan maju di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta 2024. Dukungan tersebut disampaikan melalui surat rekomendasi yang dibacakan pimpinan PKB Jakarta.

"Maka pada hari ini, Rabu 12 Juni 2024, kami menyatakan dukungan kepada nama Anies Rasyid Baswedan, untuk calon sebagai gubernur Jakarta periode 2024-2029," kata Ketua DPW PKB Jakarta Hasbiallah Ilyas di kantor DPW PKB Jakarta, Pulo Gadung, Jakarta Timur, Rabu, 12 Juni 2024.

Hasbiallah mengatakan usai keputusan itu, PKB Jakarta meminta jajarannya untuk total memenangkan mantan calon presiden tersebut. Menurutnya, langkah politik dukung Anies penting untuk masa depan Jakarta.

Setelah itu, DPW akan memberikan rekomendasi pencalonan Anies itu kepada Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKB. Hasbiallah juga meminta Anies turun ke bawah untuk pencalonan di Jakarta.

Di sisi lain, ia juga meyakini PKB dari tingkat bawah sampai pengurus DPP akan solid untuk mendukung Anies sebagai cagub Jakarta.

"Insya Allah PKB dari ranting solid sampai DPP PKB," ujarnya.

Lebih lanjut, dia menuturkan, pihaknya saat ini tinggal mencari figur bakal calon Wakil Gubernur atau Cawagub yang akan mendampingi Anies. Kata dia, sosok cawagub masih dalam penjaringan.

"Kalau mau mencalonkan jadi wakil, untuk gubernur sudah tertutup hanya untuk Bapak Anies Rasyid Baswedan," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya