Demokrat Pede Khofifah-Emil Dardak Menangkan Pilgub Jatim 2024

Pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak saat hendak bertemu Prabowo Subianto
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Teuku Riefky Harsya mengatakan pihaknya yakin pasangan Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak akan memenangkan kontestasi Pilgub Jawa Timur (Jatim) 2024.

Jelang Pilgub Sumut 2024, Elektabilitas Nikson Nababan Moncer di Survei TBRC

Dia menyebut, Khofifah-Emil Dardak sudah mengantongi rekomendasi dari Demokrat untuk maju di Pilgub Jatim. Kemudian, partai politik di Koalisi Indonesia Maju pun menyusul memberikan rekomendasi dan dukungan.

"Ya, jadi kalau terkait dengan Pilgub di Jawa Timur, Partai Demokrat sejak akhir tahun lalu sudah berikan surat rekomendasi untuk pasangan Khofifah-Emil untuk melanjutkan periode keduanya. Dan, sampai saat ini dukungan dari partai-partai terhadap Khofifah-Emil itu juga semakin bertambah," kata Riefky di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu, 19 Juni 2024.

Beredar Rumor Risma Dipasangkan dengan Marzuki Mustamar di Pilkada Jatim, PKB Jawab Begini

"Jadi, kami tetap optimis bahwa insya Allah Khofifah-Emil dapat berlayar dan menang pada Pilgub Jawa Timur ini," lanjut Riefky.

Sekjen Partai Demokrat, Teuku Riefky Harsya,

Photo :
  • Istimewa
Elektabilitas Melejit Versi Survei, Faida Diinginkan Rakyat Jember Maju Lagi di Pilkada 2024

Mengenai PDIP yang berkomunikasi dengan PKB untuk menakar kemungkinan mengusung duet KH Marzuki Mustamar dan Tri Rismaharini (Kiai Marzuki-Risma) di Pilgub Jatim, Riefky enggan berkomentar lebih jauh.

Dia hanya menekankan, komunikasi antara parpol di KIM yakni Demokrat, PAN, Gerindra dan Golkar yang mengusung Khofifah dan Emil Dardak masih terus berjalan. Keempat parpol itu pun masih berkomitmen mengusung Khofifah-Emil.

"Kami optimis karena kami juga sudah bicara dengan beberapa partai sahabat untuk mendukung dan sampai hari ini komitmen itu tetap berjalan dengan baik," tutur dia.

Sebelumnya, PDIP Jawa Timur sudah berkomunikasi dengan PKB terkait Pilgub Jatim 2024. Ada beberapa opsi dipertimbangkan di antaranya menakar kemungkinan mengusung duet Kiai Marzuki-Risma.

Sekretaris DPD PDIP Jatim Sri Untari Bisowarno mengatakan komunikasi PDIP secara intensif terus dilakukan dengan PKB.

"Kalau ngobrol santai dengan PKB Jatim sudah ada. Tapi masih belum ada kesepakatan. Ya, semua masih dinamis," kata Untari, Selasa, 18 Juni 2024.

Untari bilang, nama Kiai Marzuki dan Risma tak diragukan lagi rekam jejaknya di mata masyarakat Jawa Timur. Kepemimpinan dan integritas Kiai Marzuki dan Risma dinilai sama-sama sudah teruji.

Status Kiai Marzuki adalah ulama yang juga mantan Ketua PWNU Jatim. Sementara, Risma kini jabat Menteri Sosial dan mantan Wali Kota Surabaya berprestasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya