Maju di Pilgub Jabar, Ridwan Kamil Bawa Efek Menang Buat Golkar

Ridwan Kamil dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Figur Ridwan Kamil alias RK disebut akan beri dampak positif dengan membawa efek ekor jas ke Partai Golkar jika diusung di Pemiilihan Gubernur atau Pilgub Jawa Barat. Status RK merupakan Wakil Ketua Umum DPP Golkar.

Sandiaga Komentari Klaim Sekjen PKS soal Jokowi Cawe-cawe Pilkada dan Sodorkan Kaesang

Ketua Pemenangan Pemilu Jawa 1 Partai Golkar M.Q. Iswara menaruh harapan agar RK bisa maju di Pilgub Jabar.

"Kami berharap kalau Kang Emil di Jabar dapat memberikan efek ekor jas yang akan menguntungkan para calon kepala daerah Golkar di 27 kabupaten/kota," kata Iswara dikutip dari Antara, Rabu, 19 Juni 2024.

PKS Sebaiknya Mengalah Batalkan Sohibul, Cawagubnya Anies Bisa Diberikan ke PDIP

Dia menjelaskan RK mendapatkan dua surat tugas dari Partai Golkar untuk Pilkada Jawa Barat dan Pilkada Jakarta.

Eks Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil

Photo :
  • Pemprov Jabar
Menang dari Thariq dan Aaliyah Massaid, Ini Kata Fuji

Namun, ia menuturkan dalam pertimbangannya, Pilkada Jakarta hanya diikuti sekitar delapan juta pemilih dan tidak ada pemilihan kepala daerah untuk kabupaten dan kota. Sementara, Pilkada Jabar diikuti sekitar 36 juta pemilih dari 50 juta jiwa penduduk, untuk pilkada serentak di 27 kabupaten dan kota.

Iswara menuturkan, apapun keputusan politik penempatan RK semua dikembalikan kepada mekanisme Partai Golkar dan Ketua Umum Airlangga Hartarto.

Sebelumnya, pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia Ujang Komarudin menganalisa agar Golkar sebaiknya mengusung RK di Pilgub Jabar. Menurut dia, lebih rasional jika RK maju di Jabar.

"Ikuti elektabilitas berbasis pada rasionalitas dari survei yang objektif, kalau Jawa Barat tinggi untuk memilih daerah itu," katanya dihubungi dari Jakarta, Selasa.

Ujang menuturkan, pilihan itu dinilai bisa jaga kestabilan suara Golkar hingga Pemilu 2029. Dengan menjadikan RK sebagai Gubernur Jabar dapat menjaga bahkan mendongkrak perolehan suara partai berlambang pohon beringin itu dalam kontestasi pemilu akan datang. "Kalau RK menang lagi di Jawa Barat, suara Golkar bisa terjaga," ujar Ujang.

AdapunĀ  dalam survei terbaru Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) menempatkan RK berada di urutan pertama top of mind responden. Temuan itu saat dilakukan simulasi nama terbuka dengan pertanyaan ke responden yaitu siapa figur yang bakal dipilih jika Pilgub Jabar digelar hari ini.

Responden dalam survei memilih RK dengan 52,2 persen. Survei SMRC itu digelar dalam kurun waktu 27 Mei hingga 2 Juni 2024. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya