PKS Tak Mau Uji Kelaikan Anies Baswedan jika Jadi Calon Gubernur DKI

Capres Anies Baswedan dan Presiden PKS Ahmad Syaikhu.
Sumber :
  • Dok. PKS

Jakarta – Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu mengatakan partainya tidak meragukan lagi kapasitas dan kompetensi Anies Baswedan jika akan kembali mengusungnya pada Pilkada DKI Jakarta tahun 2024.

Elektabilitas Dedi Mulyadi Unggul di Basis Partai-partai Islam dan PDIP, Menurut LSI Denny JA

Syaikhu mengatakan itu sekaligus merespons pernyataan Anies Baswedan sudah melakukan tes uji kelayakan bersama PKS.

"Kita enggak buka uji kelayakan, fit and proper test gitu, enggak; kita udah tahulah kualitas Pak Anies, udah jadi calon presiden kok," ujar Syaikhu kepada wartawan di kantor pusat PKS, Jakarta, Selasa, 18 Juni 2024.

AKBP Ruri Beri Pesan untuk Paslon dan Masyarakat Ciptakan Pilkada Banyuasin Damai

Anies Baswedan saat nyoblos Pilpres 2024

Photo :
  • AP Photo/Tatan Syuflana

Syaikhu menjelaskan bahwa Anies Baswedan tidak akan melakukan proses wawancara lagi jika maju melalui PKS. PKS sudah mengenal betul profil Anies dan selama ini memang sudah cukup dekat secara emosional.

KPU Diingatkan Banyak Kampanye Terselubung Pilkada di Medsos pada Masa Tenang

Ia menegaskan bahwa PKS juga sudah mengetahui kemampuan Anies Baswedan karena PKS pernah menjadi partai pendukung Anies dalam Pilkada DKI Jakarta tahun 2017 dan calon presiden pada Pilpres 2024.

PKB DKI Jakarta telah menyatakan bahwa akan kembali mengusung Anies Baswedan maju kembali di Pilkada DKI Jakarta. Anies pun mengakui menerima akan kembali maju pada periode kedua nanti.

"Jadi, saya menerima, menerima kepercayaan dari PKB. Karena itu saya sampaikan, bismillah, kami bersiap untuk meneruskan ke periode kedua," ujar Anies Baswedan kepada wartawan, Jumat 14 Juni 2024.

Ilustrasi Logistik Pilkada DKI Jakarta

Photo :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

"Semuanya saya selalu sampaikan, teman-teman, seperti kebiasaan dulu saya di Jakarta, sesudah selesai baru saya umumkan, sudah selesai baru sampaikan," lanjutnya.

Anies nantinya jika kembali maju berencana akan fokus untuk melanjutkan program-program yang dirasa sudah tidak baik saat ini, misal, menjaga stabilitas harga bahan pokok.

"Melanjutkan dan meningkatkan hal-hal yang kemarin sudah dipandang baik, sehingga rakyat Jakarta merasakan kesetaraan kesempatan, supaya bisa hidup lebih sejahtera, misalnya, kebutuhan pokok yang terjangkau," kata Anies.

"Saya dulu, ketika tugas gubernur dulu, setiap pagi yang saya lihat itu adalah harga kebutuhan pokok di pasar induk, setiap hari saya lihat. Memastikan bahwa itu panahnya itu pada turun ke bawah, itu warna hijau, artinya turun. Tapi kalau panahnya naik ke atas itu artinya naik. Kalau tiap hari naik terus nah itu masalah. Jadi, kebutuhan pokok, harga kebutuhan pokok yang terjangkau, yang stabil itu prioritas yang utama," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya