PKS Sebut Anies Sudah Jalani Uji Kelayakan DPW untuk Ikut Pilkada Jakarta

Anies dan Cak Imin saat umumkan pembubaran Timnas Amin
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Wakil Ketua Majelis Syuro PKS, Hidayat Nur Wahid (HNW) mengatakan Anies Baswedan sudah menjalani Uji Kelayakan dan Kepatutan (UKK) di tingkat Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS DKI Jakarta dalam rangka siap maju di Pilkada 2024 mendatang.

Sederet 'Janji Manis' Pasangan Ridwan Kamil-Suswono dalam Membangun Jakarta

"DPW sudah melakukan (UKK), DPW," ujar Wakil Ketua Majelis Syuro PKS, HNW di kantor DPP PKS, Jakarta, Selasa, 18 Juni 2024.

Kendati begitu, HNW tak merinci lebih lanjut terkait hasil uji kelayakan dan hanya mengatakan DPP PKS tak menutup kemungkinan akan melakukan UKK kepada Anies jika dibutuhkan.

Kompeten dan Dekat Dengan Rakyat, Elly Lasut Dinilai Figur Tepat untuk Memimpin Sulut

Calon Presiden Anies Baswedan Hadiri Milad PKS ke-21

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Terpisah, Ketua DPW PKS DKI Jakarta, Khoirudin mengatakan pihaknya telah mengusulkan nama Anies Baswedan ke DPP PKS untuk maju Pilgub Jakarta.  "Sudah bersurat dan mengusulkan nama Anies sebagai Cagub DKI," kata Khoirudin.

Kadiv Propam: Anggota Polri yang Tidak Netral saat Pilkada Akan Ditindak Tegas

Sebelumnya diberitakan, DPW PKB DKI Jakarta menyatakan akan kembali mengusung Anies Baswedan maju kembali di Pilgub DKI Jakarta tahun 2024. Anies pun mengakui bahwa dirinya menerima akan kembali maju pada periode kedua nanti.

"Jadi saya menerima, menerima kepercayaan dari PKB. Karena itu saya sampaikan Bismillah, kami bersiap untuk meneruskan ke periode kedua," ujar Anies Baswedan di Jakarta pada Jumat, 14 Juni 2024.

Kemudian, Anies menyampaikan kesiapannya kembali maju sebagai bakal calon Gubernur DKI Jakarta pada 2024 karena menunggu selesai keputusan dari partai pengusung dalam hal ini PKB.

"Semuanya saya selalu sampaikan teman-teman, seperti kebiasaan dulu saya di Jakarta, sesudah selesai baru saya umumkan, sudah selesai baru sampaikan," lanjutnya.

Anies nantinya jika kembali maju Pilgub DKI, berencana akan fokus untuk melanjutkan program-program yang dirasa sudah tidak baik saat ini. Misal, menjaga stabilitas harga bahan pokok.

"Melanjutkan dan meningkatkan hal-hal yang kemarin sudah dipandang baik. Sehingga rakyat Jakarta merasakan kesetaraan kesempatan, supaya bisa hidup lebih sejahtera. Misalnya, kebutuhan pokok yang terjangkau," kata Anies.

Lalu, Anies menceritakan pengalamannya ketika 5 tahun memimpin Ibu Kota Jakarta pada 2017-2023. Saat itu, Anies selalu melihat harga-harga bahan pokok di pasar.

"Saya dulu ketika tugas gubernur dulu setiap pagi yang saya lihat itu adalah harga kebutuhan pokok di pasar induk, setiap hari saya lihat. Memastikan bahwa itu panahnya itu pada turun ke bawah itu warna hijau, artinya turun. Tapi kalau panahnya naik ke atas itu artinya naik. Kalau tiap hari naik terus nah itu masalah. Jadi, kebutuhan pokok, harga kebutuhan pokok yang terjangkau, yang stabil itu prioritas yang utama," ungkapnya.

Sebelumnya diberitakan, Dewan Pimpinan Wilayah Partai Kebangkitan Bangsa (DPW PKB) DKI Jakarta resmi mendukung Anies Baswedan maju di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta 2024. Dukungan tersebut disampaikan melalui surat rekomendasi yang dibacakan pimpinan PKB Jakarta.

"Memutuskan Anies Baswedan jadi calon tunggal, yaitu untuk mencalonkan di (periode) 2024-2029 Pilkada Gubernur Jakarta," kata Ketua DPW PKB Jakarta, Hasbiallah Ilyas di Kantor DPW PKB Jakarta, Pulo Gadung, Jakarta Timur, pada Rabu, 12 Juni 2024.

Hasbiallah mengatakan usai keputusan itu, PKB Jakarta meminta jajarannya untuk total memenangkan Anies. Menurutnya, langkah politik dukung Anies penting untuk masa depan Jakarta.

Setelah itu, DPW akan memberikan rekomendasi pencalonan Anies itu kepada Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKB. Hasbiallah juga meminta Anies turun ke bawah untuk pencalonan di Jakarta.

Di sisi lain, ia juga meyakini PKB dari tingkat bawah sampai pengurus DPP akan solid untuk mendukung Anies sebagai cagub Jakarta. "Insya Allah, PKB dari ranting solid sampai DPP PKB," ujarnya.

Lebih lanjut, dia menuturkan, pihaknya saat ini tinggal mencari figur bakal calon Wakil Gubernur atau Cawagub yang akan mendampingi Anies. Kata dia, sosok cawagub masih dalam penjaringan.

"Kalau mau mencalonkan jadi wakil, untuk gubernur sudah tertutup hanya untuk Bapak Anies Rasyid Baswedan," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya