Cucu Pendiri NU Yakin Kiai Marzuki Dipilih Warga meski Khofifah Didukung Gibran

Ketua PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar
Sumber :
  • VIVA/Uki Rama

Surabaya – KH Abdussalam Shohib atau Gus Salam tetap mendukung KH Marzuki Mustamar untuk maju di Pemilihan Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2024 meski Khofifah Indar Parawansa disokong Wakil Presiden RI terpilih Gibran Rakabuming Raka. Gus Salam yakin Kiai Marzuki menjadi magnet besar untuk mendulang suara di Jatim.

Mampu Turunkan Kemiskinan Ekstrem, Khofifah Dinilai Layak Kembali Pimpin Jatim

Seperti diketahui, Gibran menemui Khofifah di rumahnya Jalan Jemursasi Surabaya pada Kamis, 6 Juni 2024, pagi. Dalam silaturrahim singkat itu, Gibran mengaku siap all out mendukung Khofifah-Emil di Pilgub Jatim 2024. Gibran mengaku itu sebagai bentuk balasan atas jasa Khofifah dan Emil saat Pilpres 2024.

“Kami tidak khawatir walau ada Gibran di belakang Bu Khofifah,” kata Gus Salam kepada VIVA pada Kamis, 6 Juni 2024.

Ahmad Sahroni Blak-blakan Alasan Batal Jadi Ketua Timses RK-Suswono

KH Abdussalam Shohib alias Gus Salam

Photo :
  • NU Online Jatim

Pengasuh Pondok Pesantren Mamba’ul Ma’arif Denanyar Jombang itu menuturkan, Kiai Marzuki merupakan sosok ideal dan magnetnya luar biasa untuk mendulang suara di Jatim. Karena itu, kehadiran Gibran yang bersilaturrahim ke rumah Khofifah di Surabaya tak membuat Gus Salam dan pendukung Kiai Marzuki khawatir.

Saran Zecky Alatas untuk Masyarakat Jelang Pilgub Jakarta

“Kami tidak takut kalau [Khofifah] hanya kedatangan Mas Gibran," ujar Gus Salam.

Soal pencalonan Kiai Marzuki, Gus Salam mengatakan bahwa pihaknya saat ini fokus pada sosialisasi dan menjaring dukungan masyarakat. Kami yakin gerakan masyarakat Jatim akan lebih besar untuk Kiai Marzuki," tandasnya.

Untuk diketahui, nama Kiai Marzuki mencuat di bursa calon gubernur Pilgub Jatim 2024 sejak beberapa pekan lalu. Namanya menguat akan diusung oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), yang sampai saat ini masih belum mengeluarkan rekomendasi kepada siapa pun untuk maju di Pilgub Jatim 2024.

Sebelumnya, Bendahara DPW PKB Jatim Fauzan Fuadi mengatakan bahwa sampai saat ini partainya masih pada tahap menampung nasihat dan saran dari para kiai, tokoh, dan masyarakat terkait siapa yang akan diusung di Pilgub Jatim.

“Seluruh pendapat akan menjadi pertimbangan untuk mengambil keputusan. Yang pasti, PKB sebagai partai kiai dan partai santri akan taat dan patuh terhadap beliau-beliau,” kata Fauzan.

Bendahara DPW PKB Jatim Fauzan Fuadi.

Photo :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal (Surabaya)

PKB juga terus menjalin komunikasi dengan semua partai politik untuk membuka peluang kerja sama di Pilkada Jatim. Tidak hanya dengan PDIP yang sampai kini juga belum merekomendasikan siapa pun, tapi juga dengan partai lain yang sudah merekomendasi Khofifah.

“Bahkan kepada teman-teman Partai Gerindra kita komunikasi,” ujar Fauzan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya