Isu Golkar Bakal Usung Ijeck di Pilgub Sumut, Projo Siap Kawal Bobby Nasution

Wali Kota Medan, Bobby Nasution.(dok Pemko Medan)
Sumber :
  • VIVA.co.id/B.S. Putra (Medan)

Jakarta – Nama Wali Kota Medan Bobby Nasution jadi perhatian menuju Pilgub Sumatera Utara atau Sumut 2024. Menantu Presiden RI Jokowi itu digadang maju sebagai bakal cagub Sumut.

Ketua Pemenangan Pemilu Dipecah, PDIP Bantah karena Evaluasi Pilpres

Sekretaris Jenderal DPP Pro Jokowi atau Projo Handoko mengatakan pihaknya siap mengawal dengan beri dukungan terhadap Bobby di Pilgub Sumut 2024. Hal itu merespons wacana Partai Golkar akan mengusung Ketua DPD I Golkar Sumut Musa Rajekhsah alias Ijeck di Pilgub Sumut.

Kata Handoko, Projo akan tetap dukung Bobby di Pilgub Sumut meski banyak retorika dalam partai politik. Ia menyadari Projo hanya bisa mengawal dan beri dukungan karena tak punya tiket untuk mengusung seperti partai politik.

Gerindra Usung Duet Riza Patria dan Marshel Widianto di Pilwakot Tangsel

"Kalkulasi-kalkulasi kami di DPP Projo sangat meyakini Bobby Nasution akan maju di Pilgub Sumut. Dan, kami juga sudah menentukan sikap akan mendukung Bobby Nasution," kata Handoko di DPP Projo, Jakarta Selatan, Jumat 31 Mei 2024.

Presiden Joko Widodo (tengah) bersama Ketua Umum DPP Projo Budi Arie Setiadi (kanan) dan Sekjen DPP Projo Handoko (kiri) menghadiri Rakernas IV Projo di Jakarta

Photo :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Puan Pertimbangkan Usung Kaesang di Pilkada Jateng, Hasto: Bu Mega yang Ambil Keputusan

Dia menjelaskan dalam dinamika partai politik sudah pasti terjadi. Namun, Projo mengaku tak mau ikut campur dalam dinamika tersebut.

"Ya karena dinamika yang terjadi didalam kita harus akui ya ini kan melibatkan banyak pihak ya, banyak partai. Bahkan komposisi partai di daerah kan tidak sama dengan yang ada di pusat," jelasnya.

Handoko bilang pihaknya akan tetap mendukung Bobby lantran sudah sesuai dengan kalkulasi di Pilkada 2024 nanti.

Sementara, Bendahara Umum DPP Projo Panel Barus mengatakan pihaknya tak mencampuri figur yang didukung Projo jadi maju atau tidak di Pilkada 2024. Ia menyebut semuanya tetap ada di tangan partai politik.

"Seseorang yang kita dukung ini pasti maju atau tidak, saya pikir itu dialektikanya ada di partai politik," jelas Panel.

Sebelumnya, DPP Projo sudah menyampaikan dukungannya untuk sejumlah nama yang akan maju jadi sebagai bakal cagub di Pilkada 2024. Sikap Projo itu diklaim sebagai bentuk pro kepada rakyat Indonesia.

Ketua Desk Pilkada DPP Projo, Roy Abimanyu menuturkan langkah pihaknya sejalan dengan dukungan dari Presiden RI Jokowi dan Presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

"Pilkada serentak adalah mekanisme distribusi kekuasaan di daerah yang amat penting. Kami DPP Projo akan memastikan keterpilihan calon kepala daerah yang pro-rakyat dan sejalan dengan Pemerintahan terpilih Prabowo-Gibran," ujar Roy di DPP Projo, Jakarta Selatan pada Jumat 31 Mei 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya