Sinyal PKB Usung Kiai Marzuki Jadi Penantang Khofifah di Pilgub Jatim 2024

Kiai Haji Marzuki Mustamar.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Uki Rama

Jawa Timur – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) membuka peluang untuk mengusung KH Marzuki Mustamar sebagai calon gubernur pada Pemilihan Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2024. Mantan Ketua PWNU Jatim itu dinilai potensial untuk bersaing dengan cagub petahana Khofifah Indar Parawansa.

Muncul Gerakan Coblos 3 Paslon di Pilgub Jakarta, Pramono Bilang Begini

Sekretaris PKB Jatim Anik Maslachah mengatakan, kemungkinan mengusung Kiai Marzuki di Pilgub Jatim, di antaranya, didasarkan pada hasil survei ARCI yang dirilis pada Rabu kemarin. Hasil survei mendedahkan bahwa elektabilitas Kiai Marzuki 23,7 persen.

“Ada peluang besar untuk Kiai Marzuki [diusung PKB],” kata Anik saat dikonfirmasi wartawan pada Kamis, 16 Mei 2024.

Pilkada Serentak 2024, DPR Ingatkan Calon Kepala Daerah Jangan Menyerang secara Pribadi

Ketua PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar.

Photo :
  • VIVA/Nur Faishal

Papar Anik, dari hasil survei tersebut diketahui bahwa Kiai Marzuki diterima di tengah masyarakat Jatim. Pengasuh Pondok Pesantren Sabilurrosyad Gasek, Malang, itu juga diharapkan masyarakat tetap memimpin Jatim.

Gus Iqdam Doakan Khofifah Kembali Pimpin Jatim: Pantas dan Terbukti

Anik menambahkan, hasil survei ARCI yang menempatkan elektabilitas Kiai Marzuki di posisi kedua setelah Khofifah menjadi modal awal sebagai pertimbangan. Apalagi, selama ini Kiai Marzuki tidak pernah berkoar dan digaungkan maju di Pilgub Jatim. ia juga bukan politikus, tapi lebih dikenal sebagai ulama.

Adalah luar biasa apabila elektabilitas Kiai Marzuki langsung menancap di angka 23,7 persen. “Karenanya ini peluang besar bagi PKB untuk mengantar beliau, itu pun kalau beliaunya berkenan,” ujar Anik.

PKB Jatim berharap Kiai Marzuki mau diusung di Pilgub Jatim. PKB sendiri, papar Anik, sudah berkomunikasi dengan partai-partai lain untuk membangun koalisi dan membuat poros baru. “Sudah ada beberapa partai yang siap gabung siapa pun yang dijcalonkan PKB. Kami berharap agar beliaunya Kiai Marzuki Berkenan,” ucapnya.

Sementara itu, Bendaraha PKB Jatim Fauzan Fuadi mengatakan, masuknya nama Kiai Marzuki di bursa cagub-cawagub Pilgub Jatim sangat bagus karena akan membuat masyarakat memiliki banyak pilihan.

Nama Kiai Marzuki sendiri, ungkap Fauzan, jadi pertimbangan di internal PKB untuk diusung menjadi cagub di Pilgub Jatim 2024. “Tapi yang pasti [masuknya nama Kiai Marzuki[] menarik. Memperkaya pilihan politik masyarakat,” ujarnya.

Sementara ini, baru Khofifah Indar Parawansa yang secara terbuka maju sebagai cagub di Pilgub Jatim 2024. Ia sudah mengantongi tiket rekomendasi dari empat partai, yakni Gerindra, PAN, Golkar, dan Demokrat. PDIP juga tengah melirik Ketua Umum PP Muslimat NU tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya