Ganjar Tegaskan Siap jadi Oposisi: Bisa Buat Banyak, Bantu Kawan Maju Pilkada

Ganjar Pranowo saat menghadiri sidang putusan hasil Pilpres 2024 di MK.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Mantan calon presiden Ganjar Pranowo mengaku dapat berbuat banyak jika berada di luar pemerintahan era Prabowo Subianto periode 2024-2029. Salah satunya menurut Ganjar dengan bisa membantu kawan-kawan yang ingin maju dalam Pilkada 2024.

Pilkada Jakarta Diprediksi Bakal 2 Putaran Karena Ada 3 Pasangan Cagub

"Barangkali kita membantu kawan-kawan menyiapkan diri di jabatan publik, kaderisasi. Nanti saya akan membantu kawan-kawan yang besok maju Pilkada, terlalu banyak kegiatan. Kalau bicara politik kan hampir semua bidang, semua kehidupan kita politik. Jadi, banyak yang bisa dikerjakan," kata Ganjar di Jakarta, Rabu, 8 Mei 2024.

Ganjar mengatakan dirinya adalah anggota partai yang tak wajib mengemban jabatan politik. Ia mengaku akan merespons berbagai macam hal saat berada di luar pemerintahan nantinya.

Didukung Muhammadiyah, Agus Irawan Optimis Boyolali Bakal Lebih Maju dan Harmonis

"Saya kan anggota partai, saya kader partai. Memangnya anggota partai politik semua harus di jabatan politik? Kan tidak. Ketika kemudian tidak, ya kita kan bisa membuat banyak, bisa bicara, merespons soal pangan," ujar Ganjar.

Ganjar dan Mahfud di MK

Photo :
  • VIVA.co.id/Zendy Pradana
Rano Karno Bicara Soal Program Sumur Resapan hingga Rumah DP Rp 0

"Maka bagaimana sih pertanian kita bisa maju, pangan kita mandiri, kita gerak aja langsung di desa. Wong di PDI Perjuangan ada ranting, anak ranting, PAC. Mereka yang di jabatan publik level bawah, mungkin dia jadi kepala desa, jadi perangkat, jadi pengusaha," tutur eks Gubernur Jawa Tengah tersebut.

Ganjar sebelumnya menegaskan tak akan bergabung dalam pemerintahan Prabowo untuk lima tahun ke depan. Dia mengaku akan mengawal pemerintahan dengan cara lain.

"Untuk mencintai republik ini, kita akan mengawal dengan cara lain. Dan, saya tidak akan bergabung di pemerintahan ini," kata Ganjar dalam acara halal bi halal TPN Ganjar-Mahfud di Jakarta, Senin, 6 Mei 2024.

Namun, Ganjar menghormati Prabowo-Gibran yang akanmemimpin pemerintahan lima tahun ke depan. Dia berjanji akan senantiasa melakukan kontrol terhadap pemerintahan.

"Politiknya ada, cara berpolitik yang benar tidak musti dengan cara keras dan semua sama-sama terhormat tidak perlu saling mencibir," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya