Finalisasi Struktur Kabinet Prabowo-Gibran Masih Jauh

Prabowo-Gibran di Penetapan Presiden-Wapres Terpilih di KPU
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Penyusunan kabinet pemerintahan baru Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka, masih jauh. Walau sejumlah partai koalisi sudah mengangkat sejumlah kadernya yang dinilai layak menjadi menteri di kabinet pemerintahan hasil Pilpres 2024 itu.

Bantu Pemerintahan Prabowo, Rafi Ahmad Ungkap Arahan Ketum Kadin Anindya Bakrie

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Habiburrahman mengatakan, masih ada waktu lima bulan untuk menyusun struktur kabinet pemerintahan Prabowo-Gibran sebelum dilantik pada 20 Oktober 2024 mendatang. 

Sejauh ini, Habiburokhman menyebut pembahasan mengenai struktur kabinet sudah dilakukan oleh Prabowo sebagai Presiden terpilih bersama ketua umum partai politik di Koalisi Indonesia Maju. Hanya saja, kata dia, finalisasinya masih jauh. 

Zita Anjani Disebut Bakal Jadi Wamen Pariwisata di Kabinet Prabowo

"Dengan ketum-ketum partai Koalisi Indonesia Maju tentu sedikit banyak sudah dibahas, tapi finalisasinya masih jauh," kata Habiburokhman dikutip dari tayangan tvOne, Selasa, 7 Mei 2024. 

Habiburokhman melanjutkan, situasi politik nasional turut menjadi pertimbangan bagi Prabowo untuk menyusun struktur kabinet. Sebab, masih ada peluang bagi parpol lain untuk bergabung ke dalam pemerintahan Prabowo-Gibran.

Ahmad Basarah Datangi Rumah Megawati, Bilangnya Mau Lapor Hasil Pembicaraan dengan Muzani

"Karena itu, format kabinet, susunan kabinet, termasuk list namanya itu pasti belum dibahas. Karena walaupun itu domain Pak Prabowo, yang nanti meminta pendapat para ketua-ketua umum partai politik, tapi logika saya belum dibahas detail," katanya. 

"Karena kan teman-teman yang akan bergabung ini kan partai politik apa saja, itu yang masih kita tunggu. Waktunya cukup leluasa, kita nggak terburu-buru," tandas Habiburokhman.

Wakil Presiden RI terpilih periode 2024-2029, Gibran Rakabuming Raka tiba di Hambalang, Bogor, Jawa Barat jelang pembekalan calon menteri-wamen, Rabu, 16 Oktober 2024

Bikin Nangis Lihat Pajak Mobil yang Dipakai Gibran ke Hambalang

Mobil yang dinaiki oleh Wakil Presiden terpilih periode 2024-2029, Gibran Rakabuming Raka menjadi sorotan saat menaiki mobil SUV Land Cruiser VX-R putih lansiran 2024

img_title
VIVA.co.id
18 Oktober 2024